Profesionalisme ASN Sangat Diperlukan

Profesionalisme ASN Sangat Diperlukan

 

BULA, Hunimuanews - Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas mengungkapkan, Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat dibutuhkan.  Hal ini antara lain mengingat perubahan dalam masyarakat semakin cepat.

 

Hal tersebut disampaikan  Keliobas melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda kabupaten Seram Bagian Timur, Nurdin Mony saat pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan II dan II formasi jabatan dokter dan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT), Kamis (1/3).

 

Keliobas menjelaskan, dalam menghadapi masyarakat dinamis dengan tingkat kebutuhan transparansi dari penyelenggaraan Pemerintahan yang semakin tinggi, aparatur pemerintah perlu memiliki tingkat adaptasi tinggi  melalui kecakapan kerja, kemampuan bekerjasama, disiplin, loyalitas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan.

 

ASN juga harus mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Disinilah arti pentingnya Diklat Prajabatan bagi CPNS sebagai wahana awal pembentukan karakter sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil,”ungkap Keliobas.

 

Karena itu, Keliobas berharap para peserta Diklat Prajabatan tersebut  dapat mengikuti Diklat Prajabatan ini dengan serius dan penuh perhatian terhadap setiap materi yang disampaikan oleh para Widyaiswara dan Tenaga Pengajar, maupun mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.

 

“Saya harapkan Saudara-saudara harus berperan dalam usaha-usaha memperbaiki dan melakukan perubahan kinerja di unit kerja masing-masing,”imbuhnya.

 

Diklat Prajabat yang digelar di aula lantai II kantor bupati kabupaten SBT tersebut bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan pembentukan perilaku bagi CPNS agar mempunyai kemampuan dan etika dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya pada tataran birokrasi.

 

Hal itu,  mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 bahwa profesionalisme Pegawai Negeri Sipil tidak lagi sekedar tuntutan , tetapi sudah menjadi kewajiban bagi setiap pribadi ASN dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya pada tataran birokrasi.(HN - MB)