Produk Lokal "Daun Teh Ndout" Jadi Idola Masyarakat

Produk Lokal "Daun Teh Ndout" Jadi Idola Masyarakat

BULA, hunimuanews.com-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Desa  Administratif Mising Kecamatan Kilmury Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kini menjadi prioritas masyarakat 14 desa di Kecamatan Kilmury.

 

Pendamping Lokal Desa (PDL) Adminstratif Mising Julnur Kwairumaratu mengatakan, Bumdes tersebut merupakan tempat usaha masyarakat desa setempat untuk mengelolah daun teh ndout untuk dikonsumsi.

 

"saat ini daun teh ndout sangat laku di pasaran khususnya di desa-desa pada Kecamatan Kilmury" tutur Kwairumaratu di Bula pada, Sabtu (25/01).

 

Kwairumaratu menjelaskan, masyarakat setempat mengkonsumsi daun teh lokal tersebut, setelah dilakukan verifikasi dan uji coba produksi dan pemasaran di tingkat Kabupaten.

 

"Namun produksi dan pemasaran  masih dalam skala kecil. Dikarenakan keterbatasan anggaran Bumdes Administratif Mising" ucap Putra Asal Kecamatan Kilmury itu.

 

Daun teh ndout, kata Kwairumaratu, bertujuan untuk dapat membantu meningkatkan  perekonomian masyarakat desa, serta peningkatan pengembangan potensi lokal desa. "Dan daun teh ndout menjadi produk unggulan Desa Mising" ucapnya.

 

Selaku pendamping desa, Kwairumaratu mengharapkan, adanya perhatian pemerintah terhadap industri-industri kecil yang sedang dikembangkan oleh masyarakat Desa Mising. Sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa serta mengurangi tingkat pengangguran di desa.

 

"Perhatian bukan saja di Desa Administrasi Mising, namun pada seluruh desa di lingkup kabupaten SBT" tindasnya.

 

Untuk dikethui, daun teh ndout adalah salah satu bahan olahan lokal yang di konsumsi masyarakat Desa Mising, sejak jaman penjejahan Portugis. Namun, adanya perkembangan industri dan teknologi sehingga mempengaruhi masyarakat tidak lagi mengkonsumsi pada masa itu. (OK)