Prestasi Penting, Jujur Yang Utama

Prestasi Penting, Jujur Yang Utama

 

 

BULA,Hunimuanews-Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas mengatakan, insan Madrasah yang akrab dengan Tagline ”Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah”, kedepan  tidak hanya sekadar menambah jumlah, tetapi harus berperan selain sebagai perawat warisan keagamaan – keumatan, tapi aktif  dalam kebangkitan negeri.

 

Hal tersebut disampaikan Keliobas melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah kabupaten SBT, Syarif Makmur pada pembukaan Ujian Nasioan Bberbasis Komputer (UNBK)  tingkat Madrasah Aliyah  tahun pelajaran 2017/2018 di lapangan upacara Madrasah Aliyah Negeri 2 Seram Bagian Timur, Senin, (9/4).

 

Keliobas berharap,  para alumni Madrasah  dibentuk melalui proses kependidkan dan pembelajaran untuk menatap visi besar Madrasah.

 

“Alumni Madrasah harus menjadi anak-anak yang bukan saja unggul dalam arti berprestasi, tetapi juga bermartabat dalam arti memiliki karakter positif. hal ini senafas dengan tema ujian nasional tahun 2017/2018 yakni, prestasi penting, jujur yang utama,”ujarnya. .

 

Keliobas   berpesan kepada seluruh peserta ujian, tetap optimis, fokus, jaga kesehatan, ingat orang tua, dan paling penting selalu berdo’a.

 

“Tiga tahun sudah kalian dibimbing para guru, sehingga materi-materi yang diujiakan pasti telah kalian pahami dengan baik”. pungkasnya.

 

Hadir  pada upacara tersebut,   Kepala Kantor Kemenag SBT  M. Yasir Rumadaul, Perwakilan Kementerian Agama provinsi Maluku Murtadlo,  Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bula Said Bin Tahir, sesepuh Pendidikan  Yusuf Kilrey, dan para   pengawas, para guru serta siswa siswi peserta ujian.

 

Ketua penyelenggara ujian nasional Madrasah di kabupaten SBT,  M. Yasir Rumadaul alam laporannya mengatakan,  UNBK  bertujuan,  mengukur hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang di satuan pendidikan,  sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan secara nasional.

 

M. Yasir Rumadaul   yang juga Kepala Kemenag Kabupaten. SBT menyebutkan,   peserta UNBK tahun ini sebanyak  328  orang, terdiri dari jurusan IPA 144  peserta  dan 184 jurusan IPS,  tersebar di  8 Madrasah Aliyah di daerah ini.

  

Ia melanjutkan,   pada tahun 2018 terdapat 8 Madrasah yang yang mengikuti ujian nasional diantaranya 5 Madrasah melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan 3 Madrasah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terdiri dari MAN 1 SBT, MAN 2 SBT dan MA Namalean Sikaru.

 

“ Ujian ini berlansung selama 4 hari mulai anggal 9  sampai 12 April 2018 dengan 4 mata pelajaran,  diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata ujian sesuai jurusan,”rincinya.(HN-MB)