Presiden Target Jalan Trans Hingga SBT Tuntas 2019

Presiden Target Jalan Trans Hingga SBT Tuntas 2019

BULA, hunimuanew.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, jalan Trans Maluku sepanjang 914 kilometer di Pulau Seram telah terbangun sepanjang 640 kilometer atau 70 persen. Jalan sepanjang itu sebagian beraspal, dan sebagian masih berupa perkerasan tanah, tapi sudah fungsional. 

 

Orang nomor satu di Indonesia ini menjelaskan, jalan di pulau ini semula merupakan jalan pemerintah daerah, kemudian diusulkan kepada pemerintah untuk menjadi jalan nasional.

 

“Jalan Trans Maluku sepanjang 914 kilometer itu terdiri atas ruas-ruas Pelabuhan Amahai - Saleman sepanjang (84 kilometer), Saleman - Waisala (228 kilometer), Piru - Werinama (339 kilometer), dan Saleman - Bula (263 kilometer),”jelas Presiden melalui akun Facebooknya@Joko Widodo, Rabu (6/6).

 

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, pulau Seram adalah salah satu pulau besar di Maluku dengan luas 18.625 kilometer persegi.

 

Diakui Presiden, tantangan pembangunan jalan Trans Maluku cukup berat. Pada ruas Pelabuhan Amahai hingga Saleman yang sudah beraspal tetap menyisakan kehati-hatian, karena ruas ini rawan longsor.

 

Sementara pada ruas Saleman-Piru, masih dibutuhkan pembangunan sembilan buah jembatan. Tahun depan akan dibangun dua jembatan.

 

“Jika tak ada hambatan, Insya Allah pada akhir tahun 2019, Jalan Trans Maluku di Pulau Seram bisa tembus fungsional seluruhnya,”tulis mantan Walikota Solo ini.(HN-MB)