Polres SBT Gandeng Nakes Ron Vaksinasi Merdeka di Kota Bula

Polres SBT Gandeng Nakes Ron Vaksinasi Merdeka di Kota Bula

BULA, hunimuanews.com- Dalam melaksanakan program Vaksinasi merdeka secara serentak di Kota Bula, Kepolisian Resor (Polres) Seram Bagian Timur (SBT) menggandeng Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk menyukseskan vaksinasi tersebut.

 

Vaksinasi yang digelakkan itu, dipusatkan pada beberapa lokus yang diperkirakan menjadi titik kumpul masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi dimaksud.

 

Kapolres Seram Bagian Timur (SBT) Andre Sukendar kepada media ini Selasa, (8/9/21) mengatakan, dalam melaksanakan vaksinasi serentak di kota penghasil minyak bumi ini, pihaknya membutuhkan kerja sama dengan semua pihak. Dikatakan pelaksanaan vaksinasi tersebut secara rutin dilakukan sejak beberapa hari lalu disejumlah tempat.

 

"Tentunya kita butuh kerja sama pemerintah daerah, kemudian vaksinasi ini juga sudah dilakukan dari hari kemarin dan kita pusatkan pada tempat-tempat seperti rumah rumah ibadah, beberapa kantor desa di kecamatan Bula dan pada tempat lainnya," kata Andre saat meninjau lokasi vaksinasi yang berlangsung di Gereja Sinar Kasih Polres SBT

 

Dijelaskan, tempat yang ditargetkan untuk vaksinasi itu dipastikan tidak menganggu apalagi membatalkan akses masyarakat yang turut serta mengikuti vaksinasi massal itu. Sementara kendala yang dialami pihaknya kata Andre, semula berpatokan pada ketersediaan stok vaksin yang didistribusikan. Namun hingga kini lanjut dia, melalui agenda rapat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT hari kemarin dilaporkan stok vaksin kini kembali normal dan dapat didistribusikan kembali.

 

"Sesuai hasil rapat bersama Dinas Kesehatan, Tim Gugus Tugas kabupaten kita suda ada penambahan stok vaksin hari terakhir ini," ujarnya

 

Disamping itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Bula Ismail Suwakul turut menandaskan hal yang sama. Dijelaskan Suwakul, sejauh ini proses vaksinasi tersebut berlangsung, pihaknya memantau begitu besar antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi cukup meningkat. Meski demikian lanjut dia separuh masyarakat masih minim kesadaran akan pentingnya vaksinasi dimaksud.

 

"Walaupun dasarnya sebagian masyarakat ini masih kurang kesadaran dan kepercayaan terhadap vaksinasi ini, tapi beberapa hari terakhir ini ada sedikit peningkatan," akuinya

 

Dia memastikan semua agenda vaksinasi pada beberapa lokus yang dituju itu berlangsung aman. Selain itu direncanakan beberapa minggu terakhir ini kegiatan vaksinasi ini diberlakukan terhadap remaja usia 12-17 tahun itu diupayakan mengikuti vaksinasi.

 

"Kita rencanakan beberapa minggu ini juga vaksinasi kepada para remaja siswa yang berusia 12-17 tahun diikutsertakan," tandasnya

 

Dikatakan masyarakat yang mengikuti vaksinasi dibeberapa tempat itu biodatanya di update secara online. Selain dari itu banyaknya peserta yang mengikuti vaksinasi pun dapat diketahui secara permanen.

 

"Yang mengikuti vaksinasi ini di update secara online, berapa banyak yang ikuti vaksinasi ini dapat kita ketahui, jadi misalkan ada masyarakat yang tidak ikuti vaksinasi tapi mereka nyatakan ikut maka datanya bisa kita ketahui," jelasnya (HN-MR)