PM Jepang : Rudal Korut Telah Mengancam Perdamaian Dunia

PM Jepang : Rudal Korut Telah Mengancam Perdamaian Dunia

hunimuanews.com - Pasca serangan rudal dari Korea Utara ke wilayah Hokkaido, Dewan Keamanan PBB melakukan pertemuan atas permintaan Amerika Serikat dan Jepang. Pertemuan dilakukan setelah 15 anggota dewan setuju untuk memberikan sanksi embargo terhadap negeri pimpinan Kim Joun-un itu.

 

“Masyarakat internasional perlu berkumpul dan mengirim pesan yang jelas ke Korea Utara bahwa ini mengancam perdamaian dunia atas tindakannya,” ujar Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe seperti dilansir Reuters, Jumat (15/9 ).

 

Sebelum ‘menyerang’ negara sekutu AS ini, Korut telah meluncurkan puluhan rudal dengan alasan untuk mempercepat program senjata yang dirancangnya untuk mengalahkan negara Presiden Donald Trump itu.

 

Dua uji coba nuklir yang dilakukannya pada bulan Juli lalu terbukti dapat menembus bagian daratan AS. Rudal balistik ini menjangkau antarbenua jarak jauh.

 

“Roket ini memiliki arti di Korea Utara yang mendorong penyelesaian teknologi peluru kendali dan mungkin untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional sesuatu,” kata seorang peneliti senior di Korea Defense and Forum Keamanan, Yang Uk.

 

Korea Utara juga pernah menembakkan rudal jarak menengah dari daerah serupa di dekat ibu kota Pyongyang yang juga terbang di atas Hokkaido ke laut.

 

“Pertama kali tak terduga, tapi saya pikir orang mulai terbiasa dengan hal ini sebagai hal baru yang biasa saja,” kata Andrew Kaz, yang mengajar bahasa Inggris di Kushiro City di Hokkaido. ( HN - GB )