PKK SBT Gelar Peringatan HKG Ke-48 Tahun 2020

PKK SBT Gelar Peringatan HKG Ke-48 Tahun 2020

BULA, hunimuanews.com-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) SBT menggelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-48 dengan Tema “Gerakan PKK Untuk Indonesia Maju" di Seram Bagian Timur (SBT),bertempat di halaman depan Sekretariat PKK. Rabu (30/12/2020).

 

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang diwakili Asisten II Setda Idris Boufakar, Para Pejabat Struktural di Lingkup Pemerintah Kabupaten SBT, Tokoh Agama, Pengurus Organisasi Perempuan, dan Perwakilan Pengurus TP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa se Kabupaten Seram Bagian Timur.


Kegiatan tersebut di awali dengan laporan ketua panitia HKG PKK ke-48 Djamy Hamisi menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota Tim Penggerak PKK dan masyarakat untuk lebih tahu tentang memperingati HKG PKK. Selain itu, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat TP PKK oleh Yati Noch untuk di kenal lebih luas berdirinya PKK di seluruh Indonesia.

 

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang diwakili Asisten II Setda Pemkab SBT Idris Boufakar dalam sambutanya mengucapkan selamat dan apresiasi terhadap peringatan HKG PKK ini. Menurutnya, momen ini mestinya dijadikan sarana untuk refleksi sekaligus menguatkan sikap untuk meningkatkan kapasitas Tim Penggerak PKK kabupaten SBT untuk masyarakat di masa depan. 

 

"Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK seperti ini, saya menginginkan gerakan PKK kembali kepada ruhnya, yaitu gerakan untuk pemberdayaan keluarga di Kabupaten SBT," Ucap Boufakar mewakili sambutan Bupati.

 

Boufakar dalam sambutan itu mengatakan keluarga merupakan objek utama yang wajib diberdayakan oleh TP-PKK. Jika TP-PKK mampu memaksimalkan aksi atau program pemberdayaan keluarga, maka semua keluarga di kabupaten SBT ini dijadikan sebagai komposisi masyarakat luas yang akan terjamin kesejahteraannya di Bumi Ita Wotu Nusa ini.

 

"Oleh karena itu saya terus mendorong tim penggerak pkk kabupaten ini untuk meminimalisir kegiatan yang sifatnya monoton dan seremonial. Semoga kedepan tim penggerak pkk kabupaten ini semakin mampu memenuhi kebutuhan keluarga yang lebih baik lagi". Pungkasnya.

 

Ketua TP PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas menyampaikan, Peringatan Hari kesatuan Gerak PKK Ke-48 kali ini ia berharap peringatan pada tahun-tahun berikutnya hendaknya tidak lagi bernuansa seremonial belaka, melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga-keluarga di indonesia.

 

"Keluarga merupakan unit terkecil masyarakat sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya, berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan".Tandasnya.

 

Dengan demikian, lanjutnya Misa, Menjadi sangat beralasan bila Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-48 ini, adalah “Gerakan PKK Untuk Indonesia Maju” tema ini harus melekat pada hati sanubari kita semua sebagai keluarga besar PKK. Dan juga menjadi tekat kita bersama, bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprah gerakan PKK untuk ikut serta mensejahterakan kabupaten yang kita cintai ini.

 

"Saya menyampaikan makna mendasar dari tema Peringatan Kesatuan Gerak PKK ke-48 pada awal sambutan saya ini, karena saya tidak menginginkan tema ini dianggap hanya sebagai slogan belaka," ungkapnya.

 

Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK harus selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK. Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Kader Damawisma, Karena kepada mereka sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK agar tetap selaras dengan program-program pemerintah.

 

"Saya ingin menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran TP PKK, para kader PKK dan Kader Damawisama diantaranya, Gelorakan terus semangat dan motivasi kita untuk Indonesia Maju dengan bakti dan karya nya ta, serta bekerja tanpa pamrih.

 

Diketahui, saat kegiatan juga dilakukan pembagian bantuan berupa kelambu kepada TP PKK Desa Fattolo, Desa Tansi Ambon dan Desa Bula untuk dipergunakan dengan baik. (HN-AMR)