Perpusda SBT Sosialisasi  Perbub Retensi Arsip

Perpusda SBT Sosialisasi  Perbub Retensi Arsip

BULA, hunimuanews.com- Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan kabupaten Seram Bagian Timur, Senin (29/10) melakukan sosialisasi Peraturan Bupati nomor 10 tahun 2018 Tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) subtantif. 

 

Sosialisasi yang digelar di Aula Hotel Mutiara, Bula itu dihadiri oleh Arsiparis provinsi Maluku, Sarfan Lessy dan 60 peserta yang merupakan para pejabat di lingkup pemerintah kabupaten SBT.

 

Diketahui, Jadwal Retensi Arsip adalah suatu daftar yang berisi sekurang-kurangnya ada jenis arsip, jangka waktu penyimpanan, dan keterangan simpan. Keterangan simpan maksudnya apakah arsip tersebut arsip permanen, dapat dimusnahkan atau akan dinilai kembali.

 

Sementara tujuan JRA tersebut, diantaranya untuk mewujudkan kepastian dan ketertiban serta keakuratan penyusutan arsip, guna menghindari terjadinya pemusnahan arsip yang mengandung informasi penting untuk keperluan pertanggungjawaban maupun pembuktian.

 

Tujuan lainnya adalah, agar pengelola arsip dan unsur terkait akan memperoleh keleluasaan untuk melakukan penafsiran, karena sifat jadwal retensi arsip yang tidak mutlak. Penafsiran dapat secara terkoordinasi dan terpadu sejalan dengan dinamikan penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintahan atau instansi/lembaga/kantor/organisasi dalam arti luas.(GR/https://dhyrachmaa.wordpress.com)