Perebutan Semifinal, Benua Eropa vs Amerika Latin

Perebutan Semifinal, Benua Eropa vs Amerika Latin

SPORT, hunimuanews - Perempat final Piala Dunia akan digelar mulai Jumat (6/7) malam dengan menggelar pertandingan Uruguay melawan Prancis, diikuti laga Brasil melawan Belgia pada Sabtu (7/7) dini hari. Esoknya, Inggris melawan Swedia diikuti Rusia melawan Kroasia.

 

Sebanyak delapan pertandingan yang melibatkan 16 tim di babak 16 besar Piala Dunia 2018, telah selesai digelar, Rabu (4/7) dini hari tadi. Delapan tim telah memastikan lolos ke perempat final. Inggris menjadi negara terakhir yang merebut tiket ke perempat final.

 

Berikut beberapa fakta babak perempat final Piala Dunia 2018.

Dari delapan tim yang akan tampil di perempat final Piala Dunia 2018, benua Eropa mendominasi dengan mengirimkan enam wakilnya. Di Piala Dunia 2014 lalu, Eropa hanya mengirimkan empat wakil.

 

Inggris menjadi wakil Eropa terakhir yang lolos ke perempat final setelah mengalahkan Kolombia lewat adu penalti 4-3 (1-1) di babak 16 besar yang dimainkan di Moskow, Rabu (4/7/2018) dini hari tadi.

 

Seperti di kutip dari FIFA.COM sebelumnya, Prancis, Rusia, Kroasia, Belgia dan Swedia telah lebih dulu memastikan lolos ke perempat final. Dua tim perempat final lainnya berasal dari Amerika Latin, yakni Uruguay dan Brasil.

 

Sejarah memang menunjukkan, ketika Piala Dunia digelar di Eropa, dari 10 kali penyelenggaraan, 9 kali tim Eropa bisa juara dunia. Di tiga Piala Dunia terakhir yang digelar di Eropa, tim Eropa selalu juara. Yakni di Piala Dunia 2006 ketika Italia menjadi juara di Jerman, lalu Prancis jadi juara di rumahnya sendiri pada 1998 dan Jerman (Barat) juara di Italia pada 1990.

 

Untuk prestasi di Piala Dunia, delapan tim kontestan babak perempat final Piala Dunia 2018 terbagi menjadi dua kategori, yakni tim yang pernah juara dan yang berburu gelar perdana. Menariknya, dari delapan tim tersebut, komposisinya seimbang, sama-sama empat tim.

 

Kelompok tim yang pernah juara Piala Dunia yakni Uruguay (juara Piala Dunia 1930 dan 1950), Prancis (juara 1998), Brasil (juara 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002) serta Inggris (juara 1966).

 

Sementara kelompok tim yang belum pernah juara ada Belgia, Swedia, Rusia dan Kroasia. Menurut kalian, apakah akan muncul juara baru di Rusia? Atau tim-tim mantan juara yang akan menambah gelarnya? Kita nantikan bersama drama piala dunia kali ini. (HN-LukyP)