Perayaan Hardiknas Ditengah Pandemi Covid19, Ini Pesan Bupati SBT

Perayaan Hardiknas Ditengah Pandemi Covid19, Ini Pesan Bupati SBT

BULA, hunimuanews.com - Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini nampak berbeda dari biasanya. Pasalnya  dari mewabahnya virus corona di hampir seluruh wilayah di Indonesia,  memaksa pemerintah harus membatasi semua aktivitas manusia diberbagai sektor, terlebih lagi di dunia pendidikan.

 

Pemberlakuan physical Distancing adalah solusi yang tepat untuk memutus mata rantai pademi covid-19, yang mana ikut berdampak pada aktivitas sekolah. Untuk mengimbangi kelancaran ilmu pengetahuan, Siswa diharuskan belajar dari rumah atau online. 

 

Demikian yang disampaikan Bupati Seram Bagian Timur,  Abdul Mukti Keliobas, saat memberikan sambutan pada perayaan hardiknas yang dilaksanakan melalui Vidio Conference  Zoom Meeting bersama seluruh SKPD dilingkup Pemkab SBT dan para Kepala Sekolah Se-kabupaten SBT, pada Sabtu (2/5/2020) di Pandopo Kota Bula.

 

Keliobas melalui sambutan tertulisnya mengatakan keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah, pembelajaran dilakukan secara online serta disusul dengan meniadakan ujian nasional di tahun ini.

 

Namun,  Lanjut Keliobas, Kebijakan itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease  atau Covid-19 ditengah masyarakat. Selain itu dirinya juga mengungkapkan metode pembelajaran online tersebut, dapat dijadikan sebagai tantangan baru dalam dunia pendidikan 

 

Pembelajaran sistem online, Kata Keliobas harusnya mendorong siswa menjadi kreatif,  mengakses sebanyak mungkin ilmu pengetahuan serta menghasilkan karya bukan dengan membebani siswa dengan tugas yang begitu menumpuk. 

 

"Selamat hari pendidikan Nasional, teruslah berlapang dada dan berkontribusi tak henti bagi keluarga besar dunia pendidikan serta kebudayaa kita", Ucapnya

 

Sebelum, mengakhiri sambutannya,  Orang nomor satu di bumi bertajuk Ita Woti Nusa ini mengajak seluruh masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur, untuk selalu berikhtiar dan berdoa agar negeri ini terbebas dari penyebaran Virus corona (Covid-19)

 

"Semoga kita dapat menyaksikan kembali negeri ini,  sebagai negeri yang berbudaya dengan pendidikan yang kuat", harapnya. 

 

Pantauan media ini,  Usai membacakan sambutan,  Bupati Abdul Mukti Keliobas menyerahkan secara simbolis sertifikat penghargaan kepada guru dan sekolah yang berprestasi. 

 

Selain itu, Perayaan Hardiknas yang dilakukan melalui vidio conference zoom meeting ini juga diwarnai dengan pidato menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang dibawakan oleh siswi SD dan SMP Kota Bula. (HN-03)