Perayaan Dua Abad Ina Ata Akan di Fasilitasi Pangdam

Perayaan Dua Abad Ina Ata Akan di Fasilitasi Pangdam
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo berjanji untuk memfasilitasi penyelenggaraan perayaan dua abad Pahlawan Nasional Ina Ata (Eyang Martha Christina Tiahahu) di Negeri Abubu, Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, 2 Januari 2018.

Panitia Perayaan Dua Abad Ina Ata (Nenek Martha) dan Mangente (Kunjungi) Negeri Abubu, Lusi Peilouw di Ambon, Kamis, menyatakan bahwa janji Pangdam XVI disampaikan saat bersilaturahmi dengannya pada Rabu (24/5) malam.

Rencana perayaan Dua Abad Ina Ata di Negeri Abubu, Nusalaut, juga telah disetujui Gubernur Maluku Said Assagaff.

Menurut Lusi, "Pangdam Doni menyatakan kesiapan jajaran Kodam XVI memfasilitasi dan menyukseskan kegiatan perayaan dua abad Ina Ata sebagai cerminan tanggung jawab moral atas perjuangan dan pengorbanan pahlawan nasional perempuan berusia remaja kepada nusa dan bangsa Indonesia tercinta."

Pangdam XVI juga akan memfasilitasi tenda perayaan yang akan disediakan bukan untuk tamu VVIP saja, sistem tata suara, dan pengobatan massal, berkoordinasi dengan manajemen TV Indosiar yang melibatkan Prof Dr Paul Tahalele.

Doni juga akan memfasilitasi transportasi laut dengan Express Bahari serta menyiapkan tenda bermalam, baik untuk perempuan maupun laki-laki yang menghadiri perayaan dua abad Ina Ata (4 Januari 1800 - 2 Januari 1818) di Negeri Abubu.

Lusi yang saat bersilaturahmi dengan Pangdam XVI didampingi Camat Nasalaut, Christ Lailosa dan tujuh Raja se-Pulau Nusalaut itu dijanjikan akan ada koordinasi dengan artis nasional Glen Fredly agar mengoordinasikan rekan artis asal Maluku untuk menyemarakkan perayaan tersebut.

"Saya saat dihubungi Raja Leinitu Decky Tanasale yang juga Sekretaris Latupati (Pemangku adat) Maluku untuk bersilaturahmi meresponsnya karena menghargai perjuangan, dan pengorbanan pahlawan nasional perempuan berusia remaja asal Negeri Abubu tersebut," tandasnya.

Karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab untuk memfasilitasi perayaan dua abad pahlawan Ita Ama, maka Kasdem maupun Aster Kodam XVI/Pattimura diarahkan supaya berkoordinasi dengan berbagai komponen untuk menyukseskan agenda tersebut.

"Bahkan, Pangdam Doni mengarahkan Kasdam maupun Aster XVI agar melaporkan perkembangan kegiatan panitia setiap bulan untuk dievaluasi dan memantapkan berbagai kegiatan menjelang hingga puncak perayaan itu," ujar Lusi.

Dia mengakui, silaturahmi dengan Pangdam setelah Gubernur Maluku, Said Assagaff menyetujui perayaaan dua abad Ina Ata di Negeri Abubu.

"Kami saat bersilaturahmi dengan Gubernur Said di Ambon pada 23 Mei 2017, selanjutnya meminta dukungan Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae dan Danlantamal IX/ Ambon, Laksma TNI Nur Singgih Prihartono," kata Lusi.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 012/TK/Tahun 1969, tertanggal 20 Mei 1969, Martha Christina Tiahahu secara resmi diakui sebagai Pahlawan Nasional.