Pentingnya Pendidikan Karakter

Pentingnya Pendidikan Karakter

 

 

BULA, hunimuanews - Salah satu kebijakan dan strategi pendidikan nasionalberfokus pada pendidikan karakter. Hal inidisampaikan kepala Dinas PendidikanKebudayaan Pemuda dan Olahraga KabupatenSeram Bagian Timur, Achmat Rumaratu.    

 

 

Rumaratu mengatakan, pendidikan karakter merupakan bagian tidak terpisahkandari pendidikan nasional dan memiliki peran strategis sebagai upaya yang dilakukanoleh pemerintah melalui Sekolah,  masyarakat dan keluarga. 

 

 

Hal itu, untuk membangun karakter dan peradaban bangsa yang bermartabatluhur dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yg komprehensif berdasarkanPancasila dan UUD 1945. 

 

 

Salah satu sasaran pendidikan karakter adalah peserta didik pada pendidikanusia dini (PAUD), guna membantu pertumbuhan anak agar memiliki kesiapan mentaluntuk memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi. 

 

 

“Pada hari ini kita semua hadir dan berada ditempat ini, tentumempunyai kehendak yang sama serta mempunyai kepedulian yg besar terhadappendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan danperkembangan anak-anak,”katanya beberapa hari lalu. 

 

 

Ditambahkan, keberadaan peserta PAUD sangat penting dan strategisdalam membina  anak secara optimal, karena PAUD  menjadi  suatuupaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usiaenam tahun.  

 

 

“Yang dilakukan mulai pemberian rangsangan pendidikan yang membantupertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapandalam memasuki pendidikan lebih lanjut,”tegasnya.(HN-MB)