Pentingnya Kerjasama Membangun Pendidikan

Pentingnya Kerjasama Membangun Pendidikan

BULA, hunimuanews - Pembangunan di bidang pendidikan akan berjalan baik dan berhasil bila ada kerjasa sama semu stakholer, dintaranya pemerintah dan semua komponen masyarakat.

 

Hal tersebut disampaikan kepala dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur, Achmat Rumaratu saat menyampaikan sambutan pada acara Wisuda Purna Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) cabang Lembaga PAUD, Gugus PAUD 1 Mutiara dan Gugus PAUD 2 Bintang kecamatan Tutuk Tolu, beberapa hari lalu.

 

Pada kesempatn tersebut, Rumaratu mengajak masyarakat di kecamatan Tutuk Tolu secara umum, terutama para tokoh masyarakat, untuk terus mendukung upaya memajukan pendidikan di wilayah ini.

 

“Sama-sama melihat dan melayani pendidikan di kecamatan ini dengan  baik. Pendidikan di kecamatan Tutuk Tolu tidak mungkin jalan sendiri dan berhasil tanpa kerja sama masyarakat untuk membangun sumber daya manusia khususnya dalam dunia Pendidikan Anak Usia Dini,”ungkapnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan, PAUD merupakan adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar.

 

PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

 

“Agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal,”katanya.

 

Karena itu, PADU menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan Agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan kelompok usia yang dilalui oleh anak.

 

“Seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD,”pungkasnya. (HN-GR)