Pemprov Maluku Fasilitasi Warga Mudik Natal Dan Tahun Baru

Pemprov Maluku Fasilitasi Warga Mudik Natal Dan Tahun Baru
Tahun ini Bagi Masyarakat beragama Kristen di Maluku yang ingin mudik untuk merayakan Natal 25 Desember 2017 bersama keluarga di kampung halaman bisa menggunakan fasilitas yang disediakan Dinas Perhubungan Maluku.

Kadis Perhubungan Maluku, Frans Johanis Papilaya, di Ambon, Rabu, mengatakan, mudik gratis dilaksanakan pada beberapa tahun terakhir ini, baik menjelang perayaan Natal maupun Idul Fitri.

Frans mengemukakan, pihaknya berkoordinasi juga dengan PT.Pelni untuk melayani para penumpang, baik di wilayah Maluku maupun daerah lainnya di Tanah Air. "Memang ada tiga kapal yang sedang menjalani doking.

"Jadi sedang dikoordinasikan dengan PT.ASDP untuk mengoperasikan kapal motor penyeberangan (KMP) dengan tujuan pulau Seram maupun pulau Saparua," ujarnya. KMP melayani trayek Hunimua, desa Liang, pulau Ambon - Waipirit, pulau Seram. Sedangkan trayek desa Waai, pulau Ambon - Kulur, pulau Saparua.

Dishub Maluku juga berkoordinasi dengan BMKG Stasiun Pattimura Ambon untuk mengetahui kondisi cuaca guna disosialisasikan kepada masyarakat.

"Kami juga membentuk pos di setiap pelabuhan, terminal maupun bandara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan transportasi," tandas Frans.

Namun, diusahakan sebelum 25 Desember 2017 sudah bisa dioperasikan," katanya. Sebanyak sembilan unit kapal perintis juga disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi lonjakan penumpang.

Sebelumnya, Gubernur Said Assagaff mengarahkan agar mudik gratis diintensifkan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Saya menginginkan pada 2018 mudik gratis diarahkan juga ke kabupaten perbatasan yakni Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB), Kepulauan Aru, wilayah Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan," tegasnya.