Pemeriksaan Kesehatan Balon Kada Oleh IDI

Pemeriksaan Kesehatan Balon Kada Oleh IDI

Ambon, hunimuanews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku melakukan kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon (Balon) Kepala Daerah (Kada) sebagai persyaratan untuk mengikuti tahapan Pilkada Provinsi Maluku 2018.

Komisioner Devisi Teknis KPU Maluku, La Alwi, dikonfirmasi, membenarkan, pemeriksaan kesehatan Balon Kada ditetapkan di RSUD dr.M. Haulussy Ambon pada 11 – 13 Januari 2018.

“Kami telah menginformasikan masing – masing Balon Kada untuk tahapan pemeriksaan kesehatan saat pendaftaran yakni ‘SANTUN’ dan ‘HEBAT’ pada 9 Jnauari 2018 dan Mas Bro pada 10 Januari 2018,” Ungkapnya.

La Alwi menuturkan, Pemeriksaan kesehatan merupakan persyaratan Balon Kada harus sehat jasmani, rohani maupun bebas narkoba.

Pemeriksaan kesehatan hari pertama terhadap pasangan Balon GUbernur dan Wagub Maluku, Said Assagaff – Anderias Rentanubun dengan jargon “SANTUN”.

Balon melalui jalur perseorangan, Herman Koedoebeon – Abdullah Vanath dengan jargon “HEBAT” diperiksa pada 12 Januari 2018.

Sedangkan, pasangan Murad Ismael – Baranbas Orno dengan jargon “BAILEO” pada 13 Januari 2018.

Pemeriksaan narkoba akan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku sebagai salah satu persyaratan pemeriksaan kesehatan. ( HN - dms )