Pemda SBT Gelar Upacara Harlah Pancasila

Pemda SBT Gelar Upacara Harlah Pancasila

BULA, hunimuanews.com - Pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, Jumat (1/6). Sekretaris Daerah SBT, Syarif Makmur bertindak sebagai pembina upacara.

 

Upacara yang digelar di pelataran kantor bupati SBT ini dihadiri oleh Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan, pimpinan TNI/Polri dan Kejaksaan.   

 

Presiden Joko Widodo melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda SBT, Syarif Makmur yang bertindak sebagai pembina upacara mengatakan, tidak lama lagi, bangsa Indonesia akan  berusia 73 tahun.

 

Dikatakan, selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak  ideolog-idelogi lain yang berusaha menggesernya.

 

Presiden juga mengungkapkan, selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah bagi warga Indonesia yang berbhineka Tunggal Ika.

 

“Insya  Allah, sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,”ungkapnya.

 

Presiden juga mengingatkan, sejarah Pancasila dihasilkan oleh para pejuang bangsa. “Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal  22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,’”ungkapnya.(HN-MB)