SBT dan Fakfak Jajaki Kerjasama Sejumlah Bidang

 SBT dan Fakfak Jajaki Kerjasama Sejumlah Bidang

BULA, hunimuanews.com - Pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur dan pemerintah kabupaten Fakfak, Papua Barat menjakaki kerjasama di bidang Pertanian, Perikanan serta Perhubungan udara.

 

Kepala dinas Koperasi dan UMKM kabupaten SBT, Hasaluku Uyara mengatakan, melalui kerjasama tersebut nanti, pemerintah Fakfak akan membeli hasil pertanian dari kabupaten SBT.

 

“Mulai dari Sayur-mayur, Jagung, dan Pisang,”ungkap Uyara saat rapat koordinasi dengan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kantor Bappeda kabupaten SBT, Selasa (24/7).

 

Selain itu, lanjut Uyara pemerintah kabupaten Fakfak juga membuka akses penjualan sapi asal kabupaten SBT. “Kita diberi kesempatan untuk mengirim Sapi sebanyak 300 ekor per bulan untuk pasr Fakfak. Karena berdasarkan data, di sana (Fakfak-red) pemotongan setiap hari mencapai 15 ekor,”ungkapnya.

 

Selain itu, pemerintah kedua daerah juga akan bekerjasama di bidang Perikanan. Pemerintah kabupaten Fakfak akan membeli ikan dari SBT sebanyak 500 ton per tiga bulan. “Ini untuk kebutuhan daerah transmigrasi di sana,”sebutnya.

 

Dengan begitu, lanjut Uyara akan terbuka pasar bagi nelayan kecil dan berdampak positif terhadap usaha bidang perikanan di kabupaten SBT.  

 

Menurut Uyara, kerjasama tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten SBT. Sehingga, angka kemiskinan di daerah ini pun dapat ditekan.

 

“Dan yang tidak kalah penting, pemerintah Fakfak akan menawarkan satu penerbangan khusus untuk perhubungan udara dengan rute Fakfak-Sorong-Bula,”tegasnya.

 

Terkait penandatangan kerjasama kedua daerah, Uyara mengatakan, hal tersebut akan dilakukan pada tanggal 22 Agustus tahun ini.

 

“Kami sudah kirim draft keinginan SBT. Insya Allah beberapa hari lagi Pemda Fak-Fak mengirim draft mereka. Kemudian keduanya kita gabung dalam Memorandum Of Understanding,”jelasnya.(MB)