Pelipatan Surat Suara, KPU SBT Libatkan 150 Relawan

Pelipatan Surat Suara, KPU SBT Libatkan 150 Relawan

BULA, hunimuanews.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seram Bagian Timur memulai pelipatan surat suara pemilihan umum 2019, Jumat (15/3). KPU melibatkan 150 relawan yang terdiri dari unsur warga dan mahasiswa.

 

Pantauan hunimuanews.com, pelipatan surat suara yang dipusatkan di gedung Serbaguna dinas kesehatan kabupaten SBT itu, dikawal 22 personil Polres SBT  dan diawasi oleh Komisioner Bawaslu kabupaten SBT. 

 

Sebelum para relawan masuk ke dalam ruangan, mereka di data, difoto serta  barang bawaan seperti tas dan telepon genggam diamankan oleh pihak keamanan, guna  kelancaran pelipatan surat suara.

 

Ketua Devisi Program dan Data KPU SBT, Amnun Naqib, sebanyak 150 orang relawan tersebut dibagi dalam 17 kelompok.

 

"Dari jumlah 150 orang relawan ini, kami targetkan proses pelipatan suara ini akan selesai dalam jangka waktu 10 hari. Target jumlah suara yang dilipat setiap hari sebanyak 34 ribu surat suara,"ungkapnya.

 

Hingga Jumat siang, KPU kabupaten SBT baru menerima surat suara calon anggota DPRD kabupaten, surat suara calon anggota DPRD provinsi dan suarat suara calon anggota DPR RI. Sementara surat suara calon Presiden calon wakil Presiden serta surat suara calon anggota DPD RI masih dalam proses distribusi.

 

Disebutkan, proses pelipatan surat suara yang telah diterima dilakukan per-tingkatan calon anggota legislatif, mulai dari surat suara calon anggota DPRD Kabupaten, calon Anggota DPRD provinsi dan calon anggota DPR-RI.

 

"Jumlah keseluruhan surat suara 319 Koli, terdiri DPR-RI 108 Koli, DPR Provinsi 102 Koli dan DPRD Kabupaten 109 Koli. Kalau suntuk calon Presiden-Wakil Presiden dan DPD RI masih dalam perjalanna ke sini, total jumlahnya 70 Koli. Sementara, jumlah kotak surat suara 2319 kotak,"rincinya.

 

Dari total 2319 kotak yang disediakan untuk mengisi surat suara, Amnum Naqib mengatakan baru 819 kotak yang berada di gedung Serbaguna, sisanya masih berada di kantor KPU SBT.

 

"Hari ini kami akan upayakan proses lipat surat suara untuk caleg DPRD Kabupaten dapil satu ini bisa selesai" ungkap Naqib

 

Ia juga mengungkapkan, Sabtu besok pelipatan surat suara akan dimulai lebih awal, yakni pukul 9.00 WIT dan berakhir pukul 18.00 WIT, sehingga proses pelipatannya cepat dan maksimal

 

"Sebenarnya proses lipat surat suara ini cepat, hanya saja setiap surat suara harus dilakukan penyortiran, takutnya ada surat suara yang rusak, itu yang membuat kita agak terlambat,"katanya. (SR)