PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan Gelar Wisuda Perdana  

PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan Gelar Wisuda Perdana  

BULA,Hunimuanews.com- Sebanyak 18 peserta didik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Gaun Kelibingan kecamatan Pulau Gorom diwisuda pada, (20/8). Ini  merupakan wisuda perdana PUAD tersebut.

 

Hadir pada wisuda tersebut, ketua pengelola PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan Pitri Damat Rumatiga sekaligus mewisuda para peserta, pejabat  pemerintah kecamatan  Pulau Gorom, Camat Gorom Timur Abdurahman Damat,  tokoh masyarakat, serta para orang tua peserta didik dan warga setempat.

 

Ketua Pengelola TK PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan, Pitri Damat Rumatiga mengatakan, wisuda tersebut merupakan salah satu  bagian penting dari upaya menyiapkan sumber daya manusia generasi muda, terutama anak usia dini.

 

Selama satu tahun, para peserta didik tersebut dibekali dengan ilmu pengetahuan dasar dalam rangka menyiapkan mereka untuk menempuh pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.

 

Hal tersebut  sesuai denga  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak  Usia  Dini,  bahwa Pendidikan Anak Usia Dini menitikberatkan pada peletakan dasar, diantaranya  ke arah pertumbuhan dan  perkembangan Moril, Agama,  Fisik  Motorik atau tumbuh kembang  anak,  Kognitif atau mental anak, Bahasa, Sosial dan Emosional serta Seni.  Semua ini bermuara pada pembentukan karakter Anak sebagai generasi yang siap menjawab tatangan zaman

 

Hal itu dipertgas  dengan  Visi PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan, yakni mencerdaskan anak bangsa yang berkarakter serta berahlak mulia.

 

”Sehingga, wisuda perdana ini merupakan suatu bentuk hasil dari upaya kita untuk mendidik generasi muda, yakni anak usia dini, sehingga mereka lebih siap untuk menempuh pendidikan pada jenjang berikutnya,”kata Pitri Damat Rumatiga.

 

Diakuinya, kendati masih diperhadapkan pada sejumlah kekurangan berupa gedung dan alat permainan edukatif, namun pihaknya terus berupaya agar anak usia dini  setempat dapat mengenyam pendidkikan pada PAUD, sebelum duduk di bangku sekolah dasar/sederajat.

 

“Kami juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung upaya ini. Kami terus berupaya agar berbagai kekurangan dapat terpenuhi, terutama gedung, karena saat ini masih menggunakan rumah warga,”katanya.

 

Untuk diketahui, PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan merupakan salah satu PAUD yang didirikan di negeri Administratif Kelibingan kecamatan Pulau Gorom pada tahun lalu.

 

Pitri Damat Rumatiga mengakui, antusias masyarakat terhadap kehadiran PAUD Aisyiyah Gaun Kelibingan sangat baik. Ini terlihat dari jumlah peserta didik pada PAUD tersebut.

 

“Jumlah peserta didik hingga saat ini sudah mencapai 54 orang, belum lagi masih ada penerimaan juga di tahun ini. Jadi, jumlahnya terus bertambah. Kami tidak membatasi calon peserta didik walaupun masih kekurangan gedung dan sejumlah sarana lainnya, karena ingin semua anak punya kesempatan yang sama,”ungkapnya.(MB)