Odarleand Panggil Pulang, Momentum "Ondor Mari Bakudapa"

Odarleand Panggil Pulang, Momentum "Ondor Mari Bakudapa"
Odarleand Panggil Pulang, Momentum "Ondor Mari Bakudapa"
Odarleand Panggil Pulang, Momentum "Ondor Mari Bakudapa"

BULA, hunimuanews.com-Menjambut momentum perayaan hari-hari besar keagamaan dengan tradisi dan cara masing-masing daerah. khususnya di bumi Ita Wotu Nusa dari ufuk timur seram ini. Salah satu daerah adat yang terkenal dengan nama pelabuhanya 'Namalua' negeri ondor/wanu odarleand.

 

Odarlean panggil pulang, "Ondor Mari Bakudapa" sebuah ungkapan semboyan kreatif dari anak-anak muda dalam merajut kebersamaan orang basudara (hilidan) dari seluruh wilayah rantau untuk pulang lihat/mangente negeri tanah putus pusar.

 

Kepada media ini, kamis (14/11/2019) Arrul Rahyamtel Ketua panitia kegiatan Ondor Mari Baku Dapa, mengungkapkan, selaku pemuda Negeri Ondor di tanah wanu odarleand harus berperan aktif dalam mendukung membentukan generasi yang berkualitas dalam ilmu pendidikan, khususnya ilmu agama dan mewarisi nilai-nilai leluhur sebagai asset kekayaan kearifan lokal (Local Wisdown). 

 

Wujud peran aktif dari pemuda Lanjut Arull, dapat dituangkan dalam berbagai aspek, salah satunya dengan upaya menciptakan lingkungan sosisal yang baik, seperti adanya kegiatan-kegiatan dalam memacu kreatifitas seperti perayaan Idul Fitri dan kegiatan keagamaan lainnya.

 


"Dengan hadirnya momentum tersebut diharapkan dapat mewujudkan kerukunan dan rasa saling memiliki antar masyarakat setempat, membangun rasa kekeluargaan yang tinggi, saling berkerja sama dan mempererat silaturahmi"tutur Arull

 

Disamping itu, dengan adanya gagasan ini Pemuda-pemudi Negeri Ondor/wanu odarleand, Arull berharap bisa mengangkat nilai-nilai kearifan budaya lokal dalam bentuk perlombaan sebagai warisan kepada generasi-generasi berikutnya.

 

"Tentunya hal ini harus dipandang perlu sebagai perhatian publik, mengingat banyaknya budaya lokal yang tergeser bahkan hilang oleh perkembangan zaman. Dan karena itu kami mengharapakan kegiatan ini mendapat dukungan baik dari seluruh masyarakat agar kegiatan ini bisa berkelanjutan setiap tahunnya" ungkapan Arull

 

Sebagai generasi muda, Arull mengungkapkan terimakasih kepada Raja Negeri Ondor/odarleand yang telah memberikan kepercayaanya lewat surat Keputasan Kepala Pemerintahan Negeri Ondor Nomor 140/036/Sk/P.N.O/Ix/2019 Tentang Panitia Perayaan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Hari Raya Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 dengan tema "Ondor Mari Bakudapa"

 

Adapun kegiatan ini dengan tujuan yakni;
1. Memperingati Hari-hari Besar Islam sebegai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan  meningkatkan Ukhuwah Islamiyah diantara sesama Muslim. 

 

2. Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama dan melestarikan kearifan budaya lokal

 

Selain itu, waktu dan Tempat pelaksanaan kegiatan di rencanakan akan di laksanakan pada bulan Mei 2020 (pasca Idul Fitri 1441 H) yang direncakan berlansung selama 14 hari dengan berlokasi di Negeri Ondor, Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur.

 

Dengan peserta Kegiatan yang direncanakan hadir pada kegiatan ini adalah anak-anak sekolah tingkat SD dan SMP Negeri Ondor dan Desa-desa tetangga

 

Sementara itu, untuk persiapan teknis pelaksanaan dan lain-lain semoga dapat di berjalan dengan baik. Maka salah satu pra-kegiatan yang di lakukan pemuda odarleand (negeri ondor) di kota bula akan di gelar nantinya  "Tegas Arull

 

Arull mengharapkan partisipasi bagi semua pihak dalam menyukseskan rencana kegiatan tersebut" dengan harapan dukungan baik moril maupun materil kepada semua pemangku kepedulian bagi kemajuan negeri " tutup Arull (HN-RR)