Mulai Besok, TNI-Polri Gandeng Pemda SBT Lakukan Pendisiplinan di Pasar

Mulai Besok, TNI-Polri Gandeng Pemda SBT Lakukan Pendisiplinan di Pasar

BULA, hunimuanews.com - Kapolres Seram Bagian Timur (SBT) AKBP Andre Sukendar mengatakan mulai Jumat, 29 Mei 2020 besok, pihaknya bersama TNI dan Pemeritah Daerah (Pemda) SBT untuk melakukan pendisiplinan terhadap aktivitas masyarakat di Pasar Baru. Pasalnya, sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Bumi Ita Wotu Nusa.

 

"Dengan adanya beberapa pasien yang positif, maka langkah yang dilakukan di Kota Bula adalah pasar harus dijadikan tempat pendisiplinan aktivitas masyarakat" ucap Kapolres, saat diwawancarai awak media disela-sela dirinya bersama pihak TNI dan Pemda SBT melakukan kunjungan langsung kelapangan memantau kondisi Pasar Baru pada Kamis, (28/05/2020).

 

Kapolres menjelaskan, kunjungan tersebut menindaklanjuti rencana Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten SBT dalam upaya melakukan pendisiplinan aktivitas masyarakat di Pasar. "Baik di Pasar Baru maupun Pasar Lama, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona" kata Kapolres.

 

Lanjut Kapolres dari hasil kunjungan tadi, ditemukan sejumlah warga yang melakukan aktivitas di pasar sudah menerapkan protokoler kesehatan sebagaimana yang di himbau tim Gugus Tugas Kabupaten. "Namun akan dilakukan pendisiplinan secara menyeluruh. Karena di pasar banyak masyarakat yang melakukan aktivitas jual beli" tutur Kapolres.

 

Untuk diketahui, pendisiplinan terhadap aktivitas masyarakat di Pasar Baru dan beberapa titik lainnya akan mulai diberlakukan besok. "Kalau waktu memungkinkan kita lakukan hari ini atau paling lambat besok. Dan petugasnya berkalaborasi. Gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Tenaga Kesehatan" tambah Kapolres.

 

Aturan pendisiplinan di Pasar Baru kata Kapolres, aktifitas pengunjung akan diberlakukan melewati satu titik atua satu jalur masuk. "Jadi semuanya yang melakukan kunjungan ke pasar baru harus melewati jalur dari Masjid Raya Kota Bula baru menuju ke pasar. Dan keluar melalui alur jalan pantai" ucap Kapolres. (HN-OPAN)