Misa Perdana Warga Wakate di Ambon

Misa Perdana Warga Wakate di Ambon

AMBON, hunimuanews.com-Pelaksanaan misa pertama Imam Baru, Beny Richard Mara, yang digelar Keluarga Besar Masyarakat Wakate, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Passo, Rabu (06/02).

 

Toleransi antarumat beragama warnai Misa Perdana ini tidak saja melibatkan keluarga besar masyarakat Wakate yang beragama Khatolik tetapi juga yang beragama Kristen Protestan dan Islam.

 

Pesta syukur misa dimulai dengan penyambutan dan pengalungan bunga kepada Beny Richard Mara.Sebelumnya misa pentabhisan berlangsung di Gejera Santo Yoseph Passo.

 

Ketua Panitia Andreas Sagat, dalam sambutnya mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan bersama masyarakat wakate sehingga melibatkan seluruh unsur kalangan dan umat di wilayah itu.

 

“Mecara keagamaan kegiatan perayaan ini memang merupakan kegiatan imani umat Katolik, untuk menyatakan syukur keluarga atas ditabiskannya Beny Richard Mara sebagai gembala umat sepanjang hidupanya. Namun demikian ini juga dimaknai sebagai bagian dari kegiatan kemasyarakatan warga Wakate Seram Bagian Timur, karena melibatkan seluruh unsur agama” ungkap Sagat.

 

Lanjut Sagat menyebutkan melalui Misa Perdana ini Masyarakat Wakate ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa agama bukan menjadi batasan bagi mereka melakukan sejumlah aksi nyata kemasyarakatan secara bersama-sama dalam konteks toleransi di daerah ini. Agama tidak harus membuat mereka terkotak dan akhirnya bertentangan tetapi tetap satu dalam bingkai orang basudara yaitu potong dikuku rasa di daging. (hn-dms)