Melapak Rumah Baca Negeri-Suru SBT di Harla Pancasila 2021

Melapak Rumah Baca Negeri-Suru SBT di Harla Pancasila 2021

SURUH, hunimuanews.com- Dalam memperingati Hari Lahir (Harla) Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 1945, Rumah Baca Suru (RBS) kembali hadir membuka lapak baca bagi adik adik pada tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah untuk sedikit menyisipkan waktu libur mereka dengan membaca.

 

Rumah Baca Suru (RBS) merupakan satu wadah pendidikan nonformal yang didirikan di Desa Administratif Suru Kecamatan Sirittaun Wida Timur kabupaten Seram Bagian Timur(SBT) yang notabene bergerak di dunia literasi.

 

Koordinator Rumah Baca Suru (RBS) Abd.Musakrim Rumaru kepada media ini Selasa,(01/06/21) mengatakan, pada kesempatan kali ini dirinya berinisiatif melakukan kegiatan tersebut, dengan cara melapak atau membuka sedikit ruang disalah satu puncak yang disebut (Puncak Kelimas) Desa Suru. 

 

Musakrim mengambil cara ini dengan menyediakan sejumlah jenis buku cetak diantranya buku cerita, majalah, novel, buku sejarah, dan jenis buku lainya untuk adik adik dilungkungan sekitar agar dapat membaca, apalagi pada hari libur semacam ini.

 

"Tanggal 1 juni ini adalah tanggal merah tepat dengan hari lahirnya pancasila, ini berarrti siswa siswa atau adik adik ini semua pada libur, nah melalui kesempatan ini saya mengajak adik adik untuk mengisi hari libur ini dengan membaca di RBS," ungkap Musakrim.

 

Koordinator RBS ini terus berharap, aktifnya kegiatan ini tidak hanya sampai pada kesempatan ini saja, melainkan terus untuk dikembangkan.

 

Selain itu Bakri Rumain, salah satu pemuda Desa Administratif Suru yang turut hadir pada kesempatan itu bersama adik adik setempat untuk membaca. Bakri menjelaskan, kehadiran dirinya disela sela itu guna memberi semangat baik serta motivasi kepada adik adik, tentang betapa pentingnya belajar dan membaca.

 

"Dalam hal ini tentunya saya mendukung penuh kegiatan melapak yang dibuka oleh RBS di tangg 1 juni ini, sekaligus saya mengajak adik adik dan menyediakan buku untuk mereka agar dapat membaca," terang Bakri.

 

Bakri yang juga salah satu kandidat pada perhelatan demokrasi pemuda di Negeri Administratif Suru pada tahun 2021 ini menjelaskan, langkah dan dorongan yang ia lakukan saat ini terhadap adik adik untuk terus membaca adalah bagian dari koonsolidasi politiknya yang cenderung bergerak di dunia literasi.

 

Hal senada juga disampaikan Moh Nur Ubrusun salah satu pegiat literasi yang cukup berpengalaman di dunia tersebut. Kehadiran Ubrusun di tempat itu tengah mengapresiasi inisiatif yang digagas oleh Rumah Baca Suru (RBS) dalam momentum hari lahir pancasila ini dengan membuka ruang ruang istimewa bagi adik adik disekitar. Ini merupakan lanjut Ubrusun, sungguh sesuatu yang luar biasa baginya.

 

"Beta cukup bangga dengan apa yang kita lakukan hari ini, masih setiap membuka ruang ruang terbaik bagi generasi negeri ini untuk terus membaca, apalagi dalam momentum seperti ini," ucap Ubrusun.

 

Ia berharap Rumah Baca Suru tetap optimis dalam melakukan hal hal baik, apalagi dalam mengembangkan minat baca, menulis ini merupakan tanggung jawab sosial yang diembankan tanpa mengenal lupa. (HN-MR