Mahathir Oei : Pemimpin Harus Inovatif

Mahathir Oei : Pemimpin Harus Inovatif

 

Bula, hunimuanews. Setiap zaman memiliki tantangan yang berbeda dan setiap generasi juga, memiliki daya respon yang berbeda. Demikian juga pemimpin di setiap zaman menghadapi tantangan dan dinamika yang berbeda.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seram Bagian Timur, A.Y. Mahathir Oei, S.IP saat hadir sebagai narasumber pada Lesehan Demokrasi dengan tema “Meneropong Pemimpin Maluku Zaman Now” di Bula, Sabtu (10/2).

 

Mahathir Oei mengemukakan, pemimpin pada zaman now diperhadapkan pada tantangan yang demikian kompleks seiring pesatnya  perkembangan di segala bidang kehidupan serta daya respon generasi sekarang yang kian kritis.

 

Hal tersebut, antara lain mengingat perubahan konsensus berdemokrasi yang kian terbuka serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang kian modern.

 

Karena itu, menurut Mahathir Oei, pemimpin zaman sekarang dan masa mendatang perlu memiliki tiga kemampuan dasar, yakni kemampuan memahami keinginan masyarakat, kemampuan berinovasi, kreatif dan terbuka.

 

“Sebagai contoh salah satu Inovasi yang dilakukan oleh Bapak Bupati Kabupaten SBT melalui Badan Kesbangpol saat ini adalah akan diterapkan pelayanan izin penelitian berbasis online. Jadi baik  mahasiswa atau pihak lain yang ingin melakukan penelitian di daerah ini akan kita layani menggunakan aplikasi. Ini adalah  bentuk inovasi  dalam melayani masyarakat”ungkap Oei.

 

Ia menegaskan, selain inovasi, pemimpin zaman now juga harus mengabdikan dirinya secara totalitas atau dengan kata lain dapat  “mewakafkan”  dirinya demi untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara,

 

Dengan demikian, lanjut jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini, kehadiran figur pemimpin zaman Now cepat merespon serta memberikan jawaban atas setiap permasalahan  yang dihadapi oleh masyarakat. (HN - MB)