Lomba Pidato Kebangsaan, Rumata : Ini Bukan Euforia Saja

Lomba Pidato Kebangsaan, Rumata : Ini Bukan Euforia Saja

BULA, hunimuanews.com-DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Seram Bagian Timur mulai menggelar lomba pidato Kebangsaan, Minggu (12/8). Perlombaan dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini diikuti puluhan mahasiswa.

 

Pembukaan lomba pidato kebangsaan yang dipusatkan di kampus STIKIP Ita Wotu Nusa ini dihadiri Sekretaris Majelis Pemuda Indonesia (MPI) kabupaten SBT, Achmat Voth, pengurus DPD KNPI kabupaten SBT, pengurus OKP, serta Mahasiswa.

 

Ketua DPD KNPI Kabupaten SBT, Rusdi Rumata saat menyampaikan sambutan mengatakan, lomba yang digagas pihaknya tersebut merupakan bagian dari upaya memacu generasi muda, terutama mahasiswa di daerah ini untuk berani tampil dan menyampaikan gagasan secara ilmiah.

 

Dijelaskan, pihaknya hanya memberikan tema kepada peserta. Selanjutnya, setiap peserta menuangkan gagasan dalam bentuk naskah pidato, kemudian menyampaikannnya di hadapan dewan Juri untuk dinilai.

 

“Jadi, perlombaan ini bukan sekadar Euforia atau hanya tampil untuk mencari juara dan hadiah. Kita ingin, selain dapat berbicara, teman-teman juga dapat meningaktakn kemampuan menulis secara ilmiah. Karena mahasiswa adalah masyarakat yang ilmiah, tentu harus berfikir ilmiah, yaitu berfikir secara sistematis, objektif, dan rasional,”kata Rumata.

 

Pantauan Hunimuanews.com, para peserta sangat antusias dalam mengikut perlombaan tersebut. Mereka bersemangat saat berpidato, menyampaikan gagasan bertema kebangsaan.

 

Sebagai tindak lanjut lomba tersebut, lanjut Rusdi Rumata, naskah pidato para peserta akan dituangkan dalam bentuk Bunga Rampai atau kumpulan naskah Pidato. Selanjutnya diberikan kepada semua peserta serta pihak lainnya.

 

Sekretaris MPI kabupaten SBT, Achmat Voth saat menyampaikan sambutan mengaku, sangat mengapresiasi lomba pidato kebangsaan tersebut. Ini menjadi salah satu momentum bagi generasi muda, terutama mahasiswa berkreasi, menunagkan gagasan melalui tulisan kemudian menyampaikan dalam bentuk pidato.

 

“Melalui Momentum HUT NKRI serta memontum kegiatan yang digagas DPD KNPI, saya berharap pemuda terus dan lebih bersemangat dalam berkarya,”ujarnya.  

 

Sekadar diketahui, para peserta lomba pidato kebangsaan tersebut merupakan mahasiswa dari sejumlah kampus di kabupaten SBT. Mereka tampil berpidato dengan tema-tema masing-masing.

 

Bertidak sebagai juri pada lomba tersebut adalah Kasim Rumakey (Akademisi), Ali Klibarin (Akademisi), dan Mansyur Boinauw (Pengurus DPD KNPI SBT/Wartawan).

 

Lomba Pidato Kebangsaan digelar selama dua hari, yakni sejak tanggal 12-13 Agustus 2018. Sementara, pengumuman pemenang lomba akan disampaikan saat malam konser kebangsaan yang akan digelar pada tanggal 18 Agustus di kota Bula.(GR)