Launching Layanan CWO, Disdukcapil Gandeng Camat Se-SBT

Launching Layanan CWO, Disdukcapil Gandeng Camat Se-SBT

BULA, hunimuanews.com- Sosialisasi kebijakan administrasi yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2021, sekaligus melaunching salah satu sistem pelayanan baru yakni "Capil Wanu Online" (CWO). 

 

Berangkat dari sosialisasi kebijakan administrasi, adanya rencana pemberlakuan layanan Capil Wanu Online yang dilaksanakan Disdukcapil SBT dengan merangkul seluruh Pimpinan Wilayah kecamatan se-kabupaten Seram Bagian Timur guna menyukseskan program tersebut.

 

Melalui layanan Capil Wanu Online (CWO) itu, bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan urusan pelayanan administrasi berupa pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran serta keterangan lain berupa Mutasi masuk maupun mutasi keluar. 

 

Pelayanan tersebut dapat dilakukan secara langsung disetiap kecamatan maupun desa masing-masing dengan menggunakan Link "Https://bit.ly/Disdukcapil". Link tersebut merupakan jalur masuk untuk mengakses data administrasi kependudukan dengan persyaratan memiliki akun email sendiri.

 

 

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Sidik Rumalowak dalam paparannya mengatakan, sistem Layanan Capil Wanu Online (LCWO) ini merupakan sosialisasi kebijakan administrasi data kependudukan yang digelar Disdukcapil SBT pada tahun 2021.

 

Kata Rumalowak, melalui sosialisasi tersebut, pihaknya berinisiatif menjalin kerja sama dengan seluruh pimpinan wilayah kecamatan untuk menjemput sistem pelayanan tersebut. Sebab menurutnya, hal itu dinilai sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan data administrasi .

 

"Jadi melalui sosialisasi adminduk ini kami mengajak semua bapa ibu pimpinan wilayah kecamatan untuk mari sama sama kita bersinergi, melaunching Layanan Capil Wanu Online ini agar lebih mempermudah masyarakat dalam pengurusan data administrasi," kata Rumalowak saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021 di Kantor Disdukcapil SBT Sabtu, (18/9/21).

 

Dijelaskan Rumalowak, melalui Layanan Capil Wanu Online itu, para pimpinan wilayah kecamatan (Camat) sangat berperan penting dalam bentuk koordinasi, mengontrol hingga menyediakan wadah khusus bagi masyarakat untuk memberikan hak-hak pelayanan kependudukan.

 

Selain memberikan hak-hak kependudukan, adapun penyedian informasi data kependudukan itu dapat dilakukan secara nasional dan terpadu yang menjadi rujukan disetiap sektor pelayanan data kependudukan masyarakat.

 

"Nah ini penertiban adminduk secara nasional, makanya kami minta kepada bapak ibu kepala wilayah kecamatan untuk bagaimana bekerja sama dengan Disdukcapil SBT, sebab ini merupakan tanggung jawab kita semua," pintanya

 

Dijelaskan, semula kegiatan launching pencetakan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, telah diberlakukan beberapa waktu lalu disejumlah wilayah, diantaranya Kecamatan Bula yang berpusat di Desa Administratif Wailola, dan Desa Bula. Sementara wilayah lainnya yakni kecamatan Bula Barat bertempat di Desa Rukun Jaya.

 

Disamping itu, Ketua Panitia Nadra Arfa Malik dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021 yang berlangsung pada kesempatan itu, bersandar pada undang-undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 24 Tahun 2013 yang merupakan perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2008 tentang administrasi kependudukan.

 

Selain itu, administrasi tersebut diatur melalui peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

 

Diketahui kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman baik terhadap aparatur dan masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan. Sesi kegiatan tersebut diisi dengan penyampaian materi yang di sampaikan Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil SBT Sidik Rumalowak.

 

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut sebanyak 30 peserta. Terdiri dari seluruh Pimpinan Wilayah kecamatan se-kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang turut didampingi stafnya masing-masing. (HN-MR