Kwaran Siritaun Wida Timur Juara Umum KBC

Kwaran Siritaun Wida Timur Juara Umum KBC

BULA,Hunimuanews.com-Peserta Kemah Budaya Cabang (KBC) asal Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka kecamatan Siritaun Wida Timur didaulat sebagai juara umum sejumlah perlombaan selama KBC.

 

Pengumuman juara umum tersebut disampaikan saat malam puncak KBC  yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kabupaten Seram Bagian Timur di bumi Perkemahan, pantai Gumumae,  Bula, Sabtu (1/9) malam.

 

Wakil Ketua Kwartir Nasional ( Kwarnas) Gerakan Pramuka,  Marbawi yang hadir pada malam puncak KBC tersebut, menyerahkan piala bergilir kepada Pembina pendamping peserta Kwaran asal Kecamatan  Siritaun Wida Timur, didampingi ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri.

 

“Luar biasa. Ini menjadi motivasi , semangat yang lebih besar lagi untuk mengembangkan generasi muda kita masa-masa yang akan datang,”ungkap Marbawi.

 

Marbawi yang merupakan wakil ketua bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama Kwarnas Gerakan Pramuka ini mengungkapkan, pihaknya sangat mengapreasi jajaran Gerakan Pramuka di kabuaten SBT yang telah menggelar KBC sejak 27 Agustus tersebut.

 

“Pembina, pelatih, Pengurus Kwartir Cabang dan Ranting se-SBT yang telah berhasil melaksanakan ini.Kita ucapkan terima kasih,”ungkapnya.

 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggarannya KBC hingga selesai dengan baik.

 

“Kemah Budaya Cabang ini adalah Kemah Budaya Cabang Pertama di Maluku. Jadi, Kwarcab Seram Bagian Timur yang pertama kali melaksanakan Kemah Budaya Cabang. KBC diikuti oleh adik-adik Pramuka dan pendukung acara  yang berjumlah kurang lebih 500 orang dan mewakili hampir semua kecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur,”tegas wakil bupati SBT ini.

 

Sebagaimana diketahui, KBC tahun ini digelar dengan tema Negeriku Ita Wotu Nusa, Bumi Para Raja, Kaya Budaya, Berjiwa Patriot, Mempertegas Jati Diriku, Generasi Penerus Bangsa”.

 

Tema KBC tersebut,  dipertegas denga sub tema “ Melalui Kemah Budaya Cabang, Mendorong Perubahan Perilakau Generasi Penerus Bangsa untuk Lebih Mencintai Budaya Leluhur serta Berprilaku Baik Sesuai Jati Diri Bangsa”.

 

Sejumlah kegiatan yang digelar selama KBC tersebut, diantaranya Upacara Pembukaan, Jumpa Tokoh, Pentas Seni Budaya, Dialog, Napak Tilas Sultan Nuku, Karnaval Budaya, Pemutaran Film, dan malam hiburan.

 

Sebelumnya, Fachri Husni Alkatiri mengatakan, KBC merupakan bagian dari upaya mengembangkan budaya dan jiwa patriot pada generasi muda, terutama mereka yang terlibat dalam gerakan Pramuka,”kata Alkatiri.

 

Hal itu, lanjutnya sejalan dengan semangat  gerakan Pramuka yang menitkberatkan pada pendidikan Karakter. Pengembagan Karakter menjadi tujuan dalam setiap   setiap aktivitas generasi muda. “Jadi, Kemah Budaya Cabang ini nanti akan menekankan pada poin tersebut,”ungkapnya. 

 

Alkatiri menegaskan, bila selama ini Kemah Budaya Cabang berisi pagelaran seni dan budaya,  maka pada Kemah Budaya Cabang  tahun ini,  pagelaran seni dan budaya hanya satu bagian saja dari apa yang menjadi tekad  utama, yaitu penguatan nilai-nilai patriotisme anak muda.

 

“Cerita tentang Patriotisme, itu pasti kita berbicara tentang nilai keberanian, kejujuran, semngat membela kebenaran, dan membantu sesama,”sebut Alkatiri.

 

Dengan berkumpulnya peserta dari semua kecamatan, diharapkan akan ada Sharing informasi, saling tukar pengalaman, serta memupuk semangat persatuan di kalangan muda, dalam hal ini generasi muda  yang terlibat dalam gerakan Pramuka.

 

“Kegiatan ini dibiayai dengan APBD kabupaten SBT yang sudah dimasukkan dalam anggaran yang dihibahkan kepada Gerakan Pramuka Kwarcab  Seram Bagian Timur,”katanya.

 

Pantauan Hunimuanews.com, malam puncak KBC yang dkemas dengan acara Konser tersebut diramaikan oleh artis lokal Kamba Ipa, Mitha Talahtu serta Niselia Banda.

 

Konser yang dihadiri ribuan  warga kabupaten SBT ini berlangsung meriah, aman dan lancar hingga selesai, dikawal oleh  aparat kepolisian Polres SBT dan Personil Satpol Pamong Praja.(MB)