Kualitas Data Pembangunan Harus Terjamin

Kualitas Data Pembangunan Harus Terjamin

BULA, hunimuanews.com-Wakil bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Fachri Husni Alkatiri mengatakan, penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai permasalahan.

 

Hal tersebut disampaikan Alkatiri saat menyampaikan sambutan pada Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seram Bagian Timur, Selasa (7/08/).

 

Seperti dilansir Bagian Humas Pemda SBT melalui akun resmi Facebook@HumasPro SeramBagianTimur, Rabu (8/8), Alkatiri menyebutkan, berbagai permasalah tersebut, antara lain data tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin.

 

“Inkonsistensi data serta adanya perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah,”ungkap Alkatiri.

 

Karena itu, lanjutnya perlu diselenggarakan FGD, guna mendiskusikan berbagai permasalahan, yakni dalam hal pengumpulan data sektoral yang terdapat dalam publikasi Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Angka 2018.

 

Pada kesempatan tersebut, Alkatiri berpesan kepada peserta (FGD), agar Jeli dalam melakukan input data statistic, sehingga menghasilkan data yang sesuai dengan keadaan lapangan serta dapat dipertanggung jawabkan.

 

“Agar data yang bapak/ibu berikan tidak menyebabkan salah tafsir dan salah analisis. Bila menemui permasalahan, komunikasikan segera dengan BPS selaku penyelenggara kegiatan sekaligus penanggungjawab kegiatan statistik,”ujarnya (MB).