Krisis Teluk, Qatar Pulihkan Hubungan Diplomatik Dengan Iran

Krisis Teluk, Qatar Pulihkan Hubungan Diplomatik Dengan Iran

hunimuanews.com - Di tengah krisis diplomatik yang masih bergejolak di kawasan Teluk, Qatar kini memutuskan untuk memulihkan hubungan diplomatik secara penuh dengan Iran.

The New York Times, Jumat (25/8/2017) menyebutkan, Kementerian Luar Negeri Qatar pada 23 Agustus 2017 mengumumkan, Duta Besar mereka akan kembali bertugas di Teheran, Iran.

Pengumuman itu menandai pulihnya hubungan diplomatik antara kedua negara yang sempat terputus pada Januari 2016.

"Pemerintah Qatar mengumumkan hari ini (23 Agustus) bahwa Duta Besar kami akan kembali ke Teheran untuk melaksanakan tugas diplomatik. Qatar menyampaikan segala aspirasi guna memperkuat hubungan bilateral dengan Republik Islam Iran dalam segala aspek," sebut pernyataan Kemlu Qatar melalui situs resminya www.mofa.gov.qa.

Doha sendiri tidak memberikan penjelasan detail terkait pemulihan hubungan diplomatik dengan Iran yang bisa dikatakan terjadi secara mendadak itu.

Los Angeles Times melansir, Menlu Qatar Mohammed bin Abdulrahman al-Thani telah melakukan komunikasi lewat telepon dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif.

"Kami menyambut positif langkah yang diambil oleh Qatar," jelas Juru Bicara Kemlu Iran Bahram Ghasemi.

Langkah Qatar memutus hubungan diplomatik dengan Iran pada Januari 2016 adalah bentuk solidaritas terhadap Arab Saudi menyusul penyerangan Kedubes Saudi di Teheran.

Namun, walaupun hubungan diplomatik keduanya terputus, Qatar tetap mempertahankan relasi perdagangan yang signifikan dengan Iran, meliputi sektor minyak dan gas alam.

Sejumlah pihak menganggap, langkah Qatar yang berusaha memulihkan hubungan diplomatik dengan Iran adalah upaya untuk "menyentil" Arab Saudi dan sekutunya yang mengisolasi Doha sejak 5 Juni 2017 lalu.

Saat itu, empat negara yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka menuduh Doha telah mendukung kelompok terorisme dan ekstremisme -- termasuk di dalamnya Iran yang sejak lama menjadi musuh bebuyutan Arab Saudi.

Tidak hanya hubungan diplomatik yang diputus, Saudi Cs pun menerapkan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar.