KPU SBT Gelar Rapat Koordinasi Bersamaan Pemda & Tim Covid-19

KPU SBT Gelar Rapat Koordinasi Bersamaan Pemda & Tim Covid-19

BULA, hunimuanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kini  menggelar rapat koordinasi bersama Pemeritah Daerah (Pemda) setempat serta tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten SBT di Aula Kantor KPU SBT pada Kamis, 18/06/2020 kemarin. 

 

Rapat tersebut dalam rangka membicarakan pelaksanan tahapan lanjutan pemelihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten SBT di tahun  2020 dalam Pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini. Jumat, 19/06/2020.

 

Ketua KPU SBT Kisman Kelian, saat dijumpai awak media usai rapat tersebut mengatakan, pihaknya beru saja gelar rapat koordinasi dengan Pemda dan Tim Covid-19 Kabupaten SBT. Dalam rapat itu kata Kisman,  pihaknya meminta senergitas antara Pemda SBT dan Tim Covid-19 dalam menjalankan tahapan pelaksanaan Pilkada SBT di tahun ini.

 

"Karena sesuai PKPU Nomor 5 pasal 8 c, kita dimintai untuk tetap akan memperhatikan protokoler kesehatan. Justru itu, sangat penting senergitas antara Pemda dan Tim Covid-19 Kabupaten" ucap Kisman kepada wartawan.

 

Kisman menjelaskan, tahanpan Pilkada 2020 ini KPU dihadapkan dengan dua hal. Yang pertama kata Kisman, KPU harus menyukseskan tahapan. Dan kedua, KPU dalam tahanpan harus memperhatikan protokoler kesehatan sesuai aturan yang berlaku akibat pandemi Covid-19.

 

Justru itu dalam kesempatan rapat tersebut kata Kisman, dirinya meminta kehadiran tim Covid-19 yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) SBT itu menyampaikan data penyebaran Virus Corona di Kecamatan-Kecamatan yang termasuk dalam katagori zona merah dan zona hijau, agar pihaknya dapat mengetahui.

 

"Kami KPU SBT meminta data penyebaran Virus Corona itu, agar dapat mengetahui Kecamatan-Kecamatan mana yang sudah dalam katagori zona merah dan zona hijau. Supaya dalam pelaksanaan tahapan kami juga dapat mengantisipasi" tutur Kisman.

 

Kisman mengatakan, seperti dijelaskan tim Covid-19 itu, pihak KPU SBT telah dapat mengetahui, ternyata Kecamatan Bula dan Kecamatan Seram Timur termasuk sudah termasuk zona merah. "Utnuk itu, kami juga sudah memikirkan TPS husus untuk orang yang terkonfirmasi Covid-19" kata Kisman.

 

Terkait Alat Perlindungan Diri (APD) dalam Pilkada 2020 ini, Kisman memaparkan KPU SBT sudah  menyiapkan propasal ke  tim Covid-19 Kabupaten untuk mempersiapkan APD yang dibutuhkan KPU dalam tahanpan ini.

 

"Jadi pada tahan Verefikasi Vaktual (Verfak) di Tanggal 24 Juni sampai 12 Juli 2020 itu, PPK,PPS dan komisioner KPU sendiri sudah harus dilengkapi APD" tutup Ketua KPU SBT dua periode itu. (HN-OPAN)