Koarmada I Terus Dukung Satgas Covid-19 Evakuasi ABK WNI Kapal Pesiar

Koarmada I Terus Dukung Satgas Covid-19 Evakuasi ABK WNI Kapal Pesiar

JAKARTA, hunimuanews.com -Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., selaku Pangkotama Ops terus berikan dukungan kepada Satuan Tugas Evakuasi Pemulangan ABK WNI Kapal Pesiar melalui jalur laut. Kali ini sebanyak 434 ABK WNI MV Eurodam tiba di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2020). 

 

Kapal Pesiar MV Eurodam sebelumnya berlayar dari Manila menuju Perairan Jakarta dan lego jangkar sekitar 1-2 Nm atau sekitar 2,3 km untuk selanjutnya dilaksanakan evakuasi dengan menggunakan thunder boat menuju Dermaga JICT II Tanjung Priok dibawah pengawalan 4 unit Sea Rider Satkopaska Koarmada I dan Satrol Lantamal III.

 

“ABK MV Eurodam total berjumlah 870 orang yang akan kita evakuasi. Pelaksanaannya dibagi dua gelombang, pada gelombang pertama akan dievakuasi sebanyak 434 orang dan sisanya besok Kamis (18/6) akan kita laksanakan evakuasi gelombang kedua sebanyak 436 orang," kata Komandan Satgas Evakuasi ABK WNI, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto.

 

ABK MV Eurodam yang dipulangkan hari ini terdiri atas 405 laki-laki dan 29 perempuan. Usai mereka turun di JICT, ABK melaksanakan pemeriksaan sesuai protokol standar covid-19 dengan menyemprotkan disinfektan terhadap seluruh ABK dan barang bawaan. Untuk mengantisipasi adanya barang bawaan terlarang, semua barang bawaan harus melewati pemeriksaan X-ray Bea Cukai dan pemeriksaan K-9/Anjing Pelacak Pomal Lantamal III. Setelah itu, mereka diberangkatkan ke Hotel Mercure Kemayoran Jakarta untuk menjalani isolasi mandiri dan tes swab oleh Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok dan hasilnya akan diketahui sekitar 3-4 hari ke depan.

 

ABK yang dinyatakan positif langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani penanganan lebih lanjut dan isolasi mandiri selama 14 hari, sedangkan bagi ABK yang hasil tes swabnya negatif akan dipulangkan ke kampung halaman melalui agen masing-masing dan diberikan bukti surat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai bukti bebas dari Covid-19. 

 

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono menyampaikan bahwa Koarmada I akan terus memberikan dukungan kepada Satuan Tugas Evakuasi Pemulangan ABK WNI Kapal Pesiar melalui jalur laut mulai dari proses penjemputan ditengah laut, pengawalan menuju Dermaga JICT II, saat tiba di JICT II, saat menuju Hotel untuk proses pemeriksaan dan karantina, sampai proses pemulangan ke daerah masing-masing. 

 

“Evakuasi WNI ABK Kapal Pesiar MV Eurodam merupakan kapal ke-15 dari program evakuasi sejak pandemi terjadi dengan jumlah total ABK yang sudah dipulangkan ke Indonesia sebanyak 4.163 orang. Koarmada I akan terus membantu sampai proses evakuasi selesai,” ujar Pangkoarmada I.

 

Turut hadir dalam kegiatan evakuasi ABK WNI MV Eurodam yakni Kepala Staf Koarmada I, Danlantamal III selaku Dansatgas, Asintel Kogabwilhan I, Asops KogabwilhanI, Wadan Satgas, Dansat Kopaska Armada I, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea Cukai, dan Pihak Agen Kapal/Principal. (HN-hasan)