Kinerja APIP Dipertanyakan Oleh Ombudsman

Kinerja APIP Dipertanyakan Oleh Ombudsman

AMBON, hunimuanews.com-Pembentukan Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) kinerjanya kini dipertanyakan Ombudsman Perwakilan Maluku.

 

APIP yang terdiri dari unsur BPK, Inspektorat Jenderal Kementrian dan Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Unit Badan Hukum pemerintahan daerah kinerjanya menjadi sorotan publik.

 

Kepala Ombudsman Perwakilan Maluku Hasan Slamet mengungkapkan, lembaga tersebut sejauh ini tidak pernah mengeluarkan sebuah rekomendasi yang baik dalam penanganan dan pemberantas korupsi.

 

dimana contoh nyatanya adalah lanjut Hasan, banyaknya Dugaan penyalahgunaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang disampaikan atau dilaporkan masyarakat

 

Sementara terkait dengan Penangan Dugaan Kasus ADD yang telah ditangani aparatur penegak hukum

 

Slamet menuturkan, Berjubelnya kasus pengaduan yang disampaikan masyarakat ke pihak Ombudsam Perwakilan Maluku terkait penyalahgunaan Anggaran Dana Desa hingga kini masih banyak yang belum tertangani atau terselesaikan oleh lembaga penegak hukum

 

Semisalnya lanjut slamet, atas penangan kasus ini dapat dilihat pada dugaan kasus yang terjadi di 2 desa kabupaten Maluku Tengah yaitu, desa Akoon dan Desa Hitu Meseng yang sampai saat ini masih menggelantung. (hn-dms)