Ketua KNPI SBT : Pemuda Siap Mengawal Instruksi Bupati

Ketua KNPI SBT : Pemuda Siap Mengawal Instruksi Bupati

BULA, hunimuanews.com - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Seram Bagian Timur, Rusdy Rumata mengungkapkan, pemuda sebagai garda bangsa siap mengawal kebijakan pemerintah daerah, dalam pembentukan relawan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.


Pernyataan Rumata tersebut menyusul instruksi bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, tanggal 30 Maret 2020 lalu, tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) 2020.


Dirinya mengimbau agar pemuda  mengambil peran penting untuk membantu kepala-kepala desa dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan Virus Corona atau Covid-19.


Jika ada desa yang belum membentuk relawan kata Rumata, maka pemuda harus mengambil peran untuk mendorong para Kades serta melibatkan diri secara langsung dalam pembentukan Tim  gugus pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease tersebut. 


"Saya meminta kepada seluruh pimpinan organisasi kepemudaan desa se-kabupaten Seram Bagian Timur untuk mengawal intruksi bupati", Tegas Rumata 


Rumata juga meminta pemuda agar membatu aparatur desa dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang pola hidup sehat dan bersih.


Selain itu, Ia menegaskan kepada pemuda untuk mengambil peran penting dalam memberikan informasi, memediasi serta memfasilitasi warga yang baru saja tiba dari luar daerah, agar secepatnya ditangani.


"Para Pejabat desa, Saya berharap untuk melibatkan pemuda desa, karena edaran menteri itu diharuskan keterlibatan OKP/I dan lembaga pers", terangnya


Terkait dana desa yang akan digunakan sebagian dalam penanganan wabah Corona, Rumata berharap agar pemuda juga mengambil peran penting dalam memberikan ide,  serta solusi untuk memperkaya langkah-langkah strategi desa dalam penanganan terhadap dampak pademi Covid-19 tersebut. (HN-03)