Kepala BMKG Ambon : Waspadai Cuaca Laut Arafura

Kepala BMKG Ambon : Waspadai Cuaca Laut Arafura

Ambon, hunimuanews - Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy dikonfirmasi, Kamis, mengatakan cuaca di lokasi tersebut diprakirakan akan berawan gelap (Cumulonimbus) yang dapat menimbulkan angin kencang dan gelombang tinggi.

Mahubessy mengimbau para nelayan tradisional mewaspadai hujan lebat disertai petir di Laut Arafura, Kabupaten Kepulauan Aru dalam beberapa hari ke depan.

Begitu pula, para nelayan tradisional sering “hanyut” keluar wilayah RI sehingga ditangkap pihak keamanan Australia. Ungkapnya

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan diminta tidak memaksakan diri melaut dengan mengandalkan kapal dan peralatan tradisional. Tegasnya

Lanjutnya, Kapal dan peralatan tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut dengan sewaktu-waktu terjadi perubahan kecepatan angin yang mengakibatkan gelombang laut naik. 

Bila terjadi kondisi cuaca ekstrem maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru, Himbawanya. (HN-dms)