Kementerian PUPR Dukung Peringatan Hari Air Dunia di SBT

Kementerian PUPR Dukung Peringatan Hari Air Dunia di SBT

 

JAKARTA, Hunimuanews — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung peringatan Hari Air Dunia (HAD) XXVI tahun 2018 di kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Kegiatan ini menjadi momentum melestarikan alam dan sumber daya air untuk kebutuhan masyarakat.

 

Peringatan HAD 2018 di kota Bula terlaksana atas kerjasama Lembaga Kelesang Lingkungan Maluku dengan Kementerian  PUPR  serta pemeritah provinsi Maluku serta sejumlah pihak terkait.

 

Karena itu,  sebagai bagian dari langkah persiapan peringatan HAD tersebut, Ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku (LKLM) tingkat provinsi  Maluku, Costansius Kolatfeka  dan pengurus Kalesang Lingkungan Maluku Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur, Mansyur Boinauw bertemu Direktur  Bina Penatagunaan Sumber Daya Air (PSDA ) Diitjen SDA Kementerian PUPR, Agus Suprapto  Kusmolyono di Jakarta,  Rabu (21/3).

 

Pertemuan tersebut, antara lain membahas  penentuan waktu kegiatan serta kehadiran Direktur Bina PSDA  Ditjen SDA Kementerian PUPR, Agus Suprapto  Kusmolyono sebagai narasumber pada Dialog Publik di kota Bula nanti.

 

Ketua Lembaga Kalesang Lingan Maluku, Costansius Kolatfeka mengatakan,  dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan waktu pelaksanaan kegiatan yang direncanakan pada tanggal 6-7 April.

 

Sebelumnya, direncanakan kegiatan tersebut dilaksanakan ada tanggal 23-24 Maret, namun   ditunda guna disesuaikan dengan agenda Kementerian PUPR dalam memperingati HAD tahun 2018 pada tanggal 22 Maret.

 

“Sebelumnya, kita rencana tanggal 23 Maret dan sudah masuk agenda pak Direktur PSDA, namun karena ada perubahan waktu, sehingga kami datang untuk koordinasi. Dan respon beliau (Direktur PSDA-red) sangat baik,”kata Ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku, Costansius Kolatfeka saat dihubungi Hunimuanews, Rabu (21/3.

 

Selain Direktur PSDA, sejumlah pihak juga akan hadir pada kegiatan tersebut, yakni pimpinan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku-Maluku Utara, pemerintah provinsi Maluku, serta  pemerintah dan pimpinan DPRD kabupaten Seram Bagian Timur dan stakeholder lainnya.

 

Pengurus Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku Wilayah kabupaten SBT, Mansyur Boinauw mengatakan, peringatan HAD 2018 dengan tema “ Alam Untuk Air”  nanti menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan air.

 

“Kita berharap melalui kegiatan ini juga ada perhatian serius pemerintah pusat terhadap kondisi air bersih di kabupaten SBT, terutama dalam hal penyediaan Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) bagi masyarakat ,” ungkap Boinauw.

 

Peringatan HAD 2018 di kota Bula akan dilaksanakan dengan beberapa bentuk kegiatan, diantaranya Kampanye HAD dan dialoga publik serta kunjungan ke lokasi sumber air sekaligus  penanaman pohon di lokasi sumber air.(HN-MB)