Kedatangan Sultan Tidore Di Bumi Goran Riun

Kedatangan Sultan Tidore Di Bumi Goran Riun

Gorom SBT, hunimuanews -  Kedatangan Tamu Kehormatan Sultan Tidore Ke-37 Jou Husain Syah di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), disambut dengan hangat dan antusiasme tinggi oleh masyarakat Kecamatan Pulau Gorom ketika menyapa mereka sekaligus melepas rindu ke tanah Goranriun yang dirangkaikan dengan pagelaran budaya Seram Bagian Timur acara Festival Kataloka yang berlangsung di kataloka Kecamatan Pulau Gorom.

Selain Sultan Tidore Sebagai Tamu Kehormatan, Pagelaran budaya Seram Bagian Bagian Timur dengan tema Festival Kataloka yang penuh dengan keakraban, kebersamaan, semangat dan kemeriahan ini turut hadir Gubernur Maluku Said Assagaf, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Said Muzakir Assagaf, dan Direktur Tri Enjel Koral WWF

Sebagai Tuan Rumah  di bumi ita wotu nusa, turut hadir Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Wakil Bupati SBT Fachri Husni Alkatiry,  Wakil, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten SBT, Kapolres SBT, SKPD Lingkup Pemprov Maluku dan Pemkab SBT, , Ketua PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas, para Camat dan Raja se-SBT yang juga diundang dalam kegiatan tersebut.

Selain diisi Festival Kataloka dengan lagu-lagu daerah di Kabupaten SBT, juga disuguhkan berupa tari-tarian Cakalele, Wosa Wali Wosa, Tari Bongkore dan tarian lainya.

Disela-sela acara tersebut, Sultan Husain Syah diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan singkatnya kepada seluruh masyarakat yang hadir pada pembukaan festival Kataloka ke tiga tahun tersebut. Sultan secara khusus memberikan doa kepada masyarakat di Kabupaten SBT pada umumnya.

“Hari ini kita masih merasakan kenikmatan Tuhan, dan Alhamdulillah masih dalam suasana Maulid Nabi Muhammad SAW, saya secara pribadi memberikan doa kepada kita semua terutama kepada masyarakat SBT yang telah melaksanakan kegiatan ini, agar nilai budaya kembali menjadi sorotan utama di Kabupaten yang di pimpin bapak Abdul Mukti dan Fachri Husni Alkatiry ini,” ungkapnya

Selain ucapan doa Sultan Husain Syah mengucapkan apresiasinya secara pribadi atas kerja keras panitia dan Pemerintah Kabupaten SBT, yang dinilai telah sukses menyelenggarakan acara tersebut. Dia juga menyampaikan rasa syukurnya atas di undangkan dirinya di Kabupaten SBT, dengan kemajemukan etnis, suku, budaya dan agama yang ada di Tanah Ita Wotu Nusa Negeri Beradat.  ( HN - BR)