Kecamatan Wakate, Siap Mengikuti Lasqi Tingkat Kabupaten SBT 2017

Kecamatan Wakate, Siap Mengikuti Lasqi Tingkat Kabupaten SBT 2017
Bula, Hunimuanews.com - Menghadapi festival Lasqi (Qasidah) tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang akan berlangsung 05 Oktober 2017 mendatang, Kecamatan Kesui - Watubela Kabupaten SBT, mulai melakukan sejumlah persiapan dan melakukan pembinaan kepada para peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi di Kecamatan.

 
Sudah dilaksanakan seleksi, mereka yang mendapatkan nilai terbaik kita persiapkan mewakili Kecamatan Kesui - Watubela untuk bertanding ditingkat Kabupaten SBT, kata Ketum Lasqi, Adi Rumadan, (29/09).
 
Kata dia dalam lomba Lasqi Kabupaten SBT nanti, Kecamatan Kesui - Watubela akan mengikuti lomba kasida klasik remaja putri, dan dewasa  bintang fokalis dewasa, dan solis.
 
ada 31 peserta yang kami sudah persiapkan yang terdiri dari 11 orang untuk kasida remaja putri, 11 orang bintang fokalis dewasa dan 3 orang bintang fokalis anak-anak putra. Dari 31 orang tadi ada yang mengikuti solis terdiri dari remaja 2 orang, dewasa 2 orang dan kanak-kanak 2 orang, ungkapnya.
 
Peserta yang mewakili Kesui - Watubela tersebut di rangkul dari beberapa desa sebelum di berangkatkan ke tempat kegiatan.
 
Peserta tersebut kami rangkul berdasarkan edaran panitia lasqi tanggal 16 September dan peserta ini kami latih sebelum ke tempat kegiatan yang akan memberikan terbaik bagi wakate. Pungkasnya',
 
Peserta yang sebelumnya di bawah ke kota Bula sudah di seleksi di kecamatan Kesui - Watubela yang di latih berdasarkan tiga zona yang tersebar di beberapa desa yang ada, diantaranya.  Zona Pertama terdiri dari desa. Goul, Wunin eldedora, sumelang, Ota dai Damang, Rumadurun dan Kilidor. Zona Kedua terdiri dari desa. Ilili, Eva, Lahema, dan Uta. Sementara Zona Ketiga terdiri dari desa. Amar laut, Guliar, Kuur, Wara raya, Tanah baru, Tamhir timur, Kilbutak.
 
Rumadan juga menambahkan di antara pembagian tiga zona ini merupakan kerja keras dari semua pihak di kecamatan Kesui- Watubela.
 
Pembagian zona ini memudahkan kami dalam memilih peserta dan ini kemauan dari semua pihak. Tandasnya,
 
Rumadan saat di temui media ini mengungkapkan Optimis jika dalam festival LASQI kali ini Kecamatan Kesui- Watubela bisa mempersembahkan penampilan yang terbaik dan bisa menang.
 
Kita tetap optimis menang tetapi yang lebih penting adalah kita mencari peserta yang potensial, dan dapat mewakili Kabupaten SBT, di tingkat Provinsi maupun Nasional nantinya. Tutupnya. (HN/BA)