Kecamatan Teluk Waru di SBT Masuk Kawasan Strategis Nasional

Kecamatan Teluk Waru di SBT Masuk Kawasan Strategis Nasional

BULA, hunimuanews.com-Kecamatan Teluk Waru, di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, dikatagorikan masuk pada kawasan andalan, atau kawasan strategis nasional. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Syarif Makmur, saat  Konferensi Pers di Bula pada Senin, 9 Desember 2019 kemarin.

 

Syarif menjelaskan, Kabupaten SBT masuk kawasan strategis nasional dengan 10 Kabupaten lain di Indonesian, karena sesuai dengan hasil uji publik di Universitas Hasanuddin pada beberapa pekan lalu. Bula, (10/12/19).

 

"Saya selaku Sekda mewakill Bupati Abdul Mukti Keliobas, menerima penghargaan Rencana Pembangunan Kawasan Pendesaan (RPKP) tersebut, bersama 10 Bupati lainya yang peroleh penghargaan yang sama" ucap Sekda di Bula.

 

Selain itu, Kepala Bidang Sosial Budaya Bapeda SBT Ekayanti Wokanubun menjelaskan, demi menunjang Kecamatan Teluk Waru  yang masuk kawan andalan itu maka kata Ekayanti, penganggaran untuk pembangunan pedesaan harus difokuskan.

 

"Melalui melalui APBD, APBN, dan Dana Desa. Semata bermaksud,  merubah status desa, dari sebutan tertinggal menuju  Desa maju dan mandiri atau berkembang" ucap Ekayanti.

 

Pihaknya juga mengharapkan, semua potensi yang ada dalam kawasan Kecamatan Teluk Waru, akan dijaga dan dirawat dan dikembangkan sesuai potensi yang ada.

 

Terkait potensi 11 Desa yang ada di Kecamatan Teluk Waru, Ekayanti mengatakan, kawasan timur memiliki potensi sagu terbaik. Dan itu ada di Kecamatan Teluk Waru. Selain Sagu, ada juga kelapa dan potensi perikanan. (HN-OPAN)