KBC SBT Adalah Kemah Bhakti Cabang Pertama di Maluku

KBC SBT Adalah Kemah Bhakti Cabang Pertama di Maluku

BULA,Hunimuanews.com- Kemah Budaya Cabang (KBC) tahun 2018 yang digelar di kabupaten Seram Bagian Timur merupakan  Bhakti Tingkat Cabang yang pertama di Maluku.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten Seram Bagian Timur, Fachri Husni Allaktiri saat pembukaan KBC di pantai Gumuame, Senin (27/8).

 Alkatiri yang juga wakil bupati kabuaten SBT ini mengungkapkan, peserta utama kegiatan tersebut adalah anggota Pramuka Penggalang utusan dari Kwartir Ranting 15 kecamatan se-kabupaten Seram Bagian Timur

Alkatiri mengatakan, kegitan ini digelar sejak tanggal 27 Agustus sampai dengan 2 September 2018. “Dengan arena utama, di pusatkan di pantai Gumumae kecamatan Bua,”sebutnya.

Sementara itu, ketua Panitia KBC Usman Keliobas saat menyampaikan laporan mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan wahan untuk memperkenalkan, mensosialisasikan budaya di kabupaten SBT kepada semua kalangan. “Terutama kepada peserta didik. Lebih khusus kepada siswa penggalang,”katanya.

Keliobas melanjutkan, kegiatan itu juga untuk menanamkan rasa cinta dan bangga kepada budaya sendiri serta muncul tekada untuk melestarikannya.

“Melalui kegiatan ini, nilai-nilai sejarah dan budaya dapat diinternalisasikan untuk menciptakan ketahanan nasional, guna memperkokoh identitas, jati diri bangsa melalui peradaban budaya yang kita miliki,”ungkapnya.

Dari kegiatan ini pula, lanjutnya diharapkan para siswa penggalang dapat mempraktekkkan 18 nilai karakter pendidikan bangsa selama berada du bumi perkemahan.

“Dan selanjutnya, dapat membudayakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masing-masing, setelah kembali dari kegiatan perkemahan ini,”ujarnya.(MB)