Kapolsek Bula Barat: Jangan Berurusan dengan Rentenir

Kapolsek Bula Barat: Jangan Berurusan dengan Rentenir

BULA, hunimuanews.com-Kapolsek Bula Barat, Ipda. Sukarni mengingatkan warga di wilayah ini, agar tidak berusan dengan orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi serta dengan bunga yang tinggi alias Rentenir. Warga dianjurkan meminjam uang di bank atau Koperasi.

 

Ipda. Karni mengingatkan warga agar tidak menjaminkan surat penting seperti Sertifikat tanah, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta barang berharga lainnya kepada Rentenir. 

 

"Saya harap kepada warga Jembatan Basah, agar tidak boleh lagi menjaminkan sertifikat atau barang-barang berharga ke Rentenir, karena bunga yang ditetapkan oleh Rentenir itu sangat besar, dan bapak-ibu bisa kehilangan surat-surat itu" ungkap Ipda Karni saat menyampaikan materi sosialisasi Peraturan Presiden nomor 87 taun 2018 tentang Stgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Pungli) di desa Jembatan Basah, Kamis (27/9).

 

Disebutkan, pentingnya peringatan tersebut mengingat sudah ada warga di wilayah tersebut yang menjadi korban pola bisnis Rintenir. Barnag berharga milik mereka nyaris habis diambil Rentenir.

 

“Kalau ada kebutuhan, sebaiknya ke bank atau ke Koperasi. Itu resmi dan ada aturannya. Jangan jaminkan sertifikat tanah ke Rintenir. Kasihan, hanya butuh uang Rp5 juta, harus jaminkan sertifikat tanah. Kalau tidak dapat kembalikan karena bunga pinjaman di Rentenir sangat tinggi, kan rugi,”tegasnya.(SR)