Kajati Maluku : Dana Desa di SBT Harus Dikawal

Kajati Maluku : Dana Desa di SBT Harus Dikawal

BULA, hunimuanews.com - Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Triyono Haryanto mengatakan, pengelolaan Dana Desa di kabupaten Seram Bagian Timur perlu dikawal secara baik, sehingga dana yang dikucurkan pemerintah pusat ini tidak disalahgunakan.

 

Pentingnya pengawalan terhadap pengelolaan dana desa juga untuk lebih menjamin, dana desa dapat dimanfaatkan secara baik untuk masyarakat.

 

“ Saya selaku Kajati, dana desa ini harus sampai di masyarakat, harus bermanfaat bagi masyarakat. Dan ini harus dikawal,” kata Triyono Haryano kepada wartawan disela kunjungannya di kota Bula pada pekan kemarin.

 

Dijelaskan, pengawalan yang dilakukan pihaknya sebagai aparat penegak hukum dalam bentuk pencegahan dan penindakan.

 

Kendati demikan, menurut Triyono Haryanto pengawalan dalam bentuk pencegahan lebih efektif dan efesien.

 

“ Agar dari awal kita pastikan dana desa sampai pada tujuan. Tidak ada yang diselewengkan,”ungkap orang nomor satu di Kejaksaan Tinggi Maluku ini.

 

Tapi, lanjutnya, bukan berarti langkah penindakan tidak dilakukan. Penindakan akan dilakukan bila ada masalah dalam pengelolaan dana desa.

 

“Selama itu penindakan berarti proyek ( yang dibiayai DD-red)  bermasalah. Kalau tidak bermasalah pasti tidak akan ditindak. (Kalau ditindak-red) jelas ada uang yang hilang disitu karena dikorupsi. Ada yang dipenjara pula,”tegas mantan kepala Satuan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung ini.

 

Karena itu, Triyono Haryanto berharap, jajarannya di Kejaksaan Negeri Seram Bagian Timur terus proaktif melakukan langkah pencegahan, diantaranya dengan melakukan penyuluhan hukum bagi stakeholder di daerah ini.  “Saya berharap sekali, dana desa ini jangan dibuat main-main,”ujarnya.(HN-MB)