Kadishut : Izin Utama PT. Nusa Ina Adalah Perkebunan

Kadishut : Izin Utama PT. Nusa Ina Adalah Perkebunan

AMBON, hunimuanews.com-Kepala dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Sadli Lie menegaskan, izin pemanfaatan kayu (IPK) yang diberikan kepada pihak PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise untuk beroperasi di desa Osong kecamatan Werinama kabupaten Seram Bagian Timur bukan izin utama. Izin utama pemilik modal itu adalah izin perkebunan.

 

Kepada hunimuanews.com di Ambon, Sadli Lie mengatakan, IPK diberikan karena ada pohon yang ditebang PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise untuk membuka perkebunan kelapa sawit.

 

“IPK itu ikutan, bukan utama karena izin utama mereka adalah perkebunan,. Di situ ada kayu tumbuh alami, ada hak negara. Untuk melindungi hak negara, negara memberikan pelayanan berupa izin, IPK. Tapi izin utama dia itu adalah perkebunan karena dia mulai Len celaring, ada hak negara yang harus dilundungi,”ungkap Sadli Lie di ruang kerjanya Jumat (28/9).

 

Sebagaimana diketahui, awalnya pihak PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise berencana membuka kebun kelapa Sawit di lokasi penebangan tersebut. Mereka pun telah mendapatkan izin dari pemerintah kabupaten SBT sejak beberapa tahun lalu.

 

Namun, rencana untuk membuka kebun kelapa Sawit belum kunjung dilakukan, sehingga menuai protes warga setempat setelah mengetahui pihak perusahan. PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise malah fokus menebang kayu.

 

Komisi B DPRD kabupaten SBT pernah meninjau lokasi penebangan kayu tersbut. Komisi B juga berupaya menyelesaikan masalah dan meminta pihak PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise segera membuka kebun kelapa Sawit.

 

Sementara itu, pihak PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise belum berhasil dikonfirmasi tentang IPK tersebut.(GR/MB)