Kabar Gembira, Bisa Coblos Tanpa KTP-el

Kabar Gembira, Bisa Coblos Tanpa KTP-el

BULA, hunimuanews.com - Kabar gembira, warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Eletronik (KTP-el), dapat menggunakan hak pilih pada Pilkada serentak 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang hal tersebut.

 

Hal tersebut diatur dalam surat edaran KPU Pusat nomor 574/ PL.03.6/ SD/ 06/ KPU/VI/ 2018 tertanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaran pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan 2018.

 

Disebutkan pada angka 2 huruf a surat edaran tersebut, dalam memberikan suara di TPS, pemilih menunjukkan formulir model C6-KWK dan menunjukan KTP-el atau surat ketarangan kepada KPPS.

 

“Dalam hal pemilih yang terdaftar dalam DPT sebagaimana disebutkan dalam angka 2 huruf a tidak dapat menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan, diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan,”demikian bunyi penjelasan pada angka 2 huruf b surat edaran tersebut.(HN-MB)