Jumlah Dana Desa untuk SBT Berkurang

Jumlah Dana Desa untuk SBT Berkurang

BULA, hunimuanews.com-Jumlah dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat  kepada masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur berkurang, karena jumlah penduduk miskin di daerah ini berkurang.  

 

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa kabupaten Seram Bagian Timur, Jafar Kwairumaratu saat membuka pelatihan Kuliner Berbahan Dasar Sagu yang digelar pemerintahan Negeri Waraswaras kecamatan Tutuk Tolo, Jumat (5/10).

 

Kwairumaratu merinci, jumlah dana desa untuk kabupaten SBT pada tahun 2015 lalu mencapai Rp.51 milyar lebih, meningkat di tahun 2016 menjadi Rp.119 Milyar. “Ini untuk 198 desa dan desa administratif,”sebutnya.

 

Lanjut Kwairumaratu, sementara dana desa tahun 2017 meningkat drastis, yakni dari Rp119 milyar lebih pada tahun 2016 menjadi Rp151 milyar lebih pada tahun 2017.

 

Tapi, kondisi berbalik terjadi pada tahun 2018. Jumlah dana desa untuk masyarakat kabupaten SBT pada tahun ini menurun dari Rp.151 milyar lebih menjadi Rp.140 milyar lebih.

 

Kwairumaratu menjelaskan, dalam neraca pembangunan kabupaten Seram Bagian Timur, daerah ini tidak lagi dikategorikan sebagai  sebagai daerah sangat tertinggal, tetapi sebagai daerah tertinggal.

 

“Karena penduduk miskin semakin kecil, maka dana Rp.11 milyar lebih dialihkan ke daerah yang penduduk miskinnya besar”ungkap Kwairumaratu.(SR)