Jelang Seleksi PNS, Warga Serbu Disdukcapil

Jelang Seleksi PNS, Warga Serbu Disdukcapil

BULA,Hunimuanews.com-Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), warga dari berbagai wilalayah di kabupaten Seram Bagian Timur terus mendatangi kantor dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Para peminat CPNS ini datang mengurus dokumen kependudukan untuk mengikuti seleksi CPNS.

 

Pantauan hunimuanews.com jumlah warga yang datang di kantor dinas Disdukcapil kabupaten SBT sejak beberapa hari lalu terus bertambah.

 

Tiba di kantor dinas Dukcapil, warga harus rela antri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan dari staf dinas tersebut.   

 

Sementara di dalam kantor, kesibukan para pegawai Disdukcapil meningkat dari hari-hari biasanya. Beberapa diantaranya harus lembur pada malam hari untuk bekerja.

 

“Terkait dengan membludaknya pengunjung di dalam pekan ini, setelah kami lihat ini ada kaitan dengan penerimaan CPNS,”kata Kepala dinas Dukcapil kabupaten SBT, Sidik Rumalowak, Selasa (25/9).

 

Rumalowak mengatakan, pihaknya selalu mengendepankan pelayanan yang prima dalam menerima dan memproses kepentingan setiap warga yang datang untuk mengurus dokumen kependudukan.

 

Terkait pelayanan, Rumalowak menuturkan setelah menganalisa laporan, jumlah warga yang melakukan perekaman diri guna membuat Kartu Tanda Penduduk Eletronik KTP-EL) hanya berkisar 15 orang. Sementara sebagian besarnya datang untuk melengkapi dokumen kependudukan mereka.

 

“Ternyata sebagian besar yang datang sudah memiliki KTP El.  Dan, dulu capaian Akta Kelahiran kita hanya nol persen. Dengan adanya integritas data yang diwajibkan, kami sekarang sudah berada pada 70 persen (Akta Kelahiran-red),”kata Rumalowak.

 

Rumalowak melanjutkan, hal juga karena perlunya konsolidasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP Eletronik dan Kartu Keluarga (KK).(SR)