Israel Bakal Mundur Dari Keanggotaan UNESCO

Israel Bakal Mundur Dari Keanggotaan UNESCO

Internasional, hunimuanews - Genderang perang melawan PBB tengah ditabuh oleh Israel. Kian dikucilkannya negara tersebut akibat masalah sengketa Yerusalem menjadi penyebabnya. Seolah tidak mau kalah, pemerintah Israel mengumumkan kalau negaranya bakal mundur dari UNESCO, lembaga PBB yang menangani masalah cagar budaya.

“Surat (pengunduran diri) akan dikirimkan oleh Duta Carmel dalam kurun waktu beberapa hari ke depan,” kata Emmanuel Nahshon selaku juru bicara Kemenlu Israel seperti yang diberitakan oleh The Jerusalem Post.

Berdasarkan konstitusi UNESCO, keanggotaan suatu negara baru akan berakhir pada tanggal 31 Desember setahun sesudah pernyataan pengumuman resminya diajukan. Dengan kata lain, Israel baru akan berhenti menjadi anggota UNESCO sepenuhnya pada tanggal 31 Desember 2018 jika Israel jadi mengajukan pengunduran diri resmi pada tahun ini.

Wacana mengenai mundurnya Israel dari UNESCO sendiri sudah nampak sejak beberapa bulan lalu. Bulan Oktober silam, saat AS menyatakan mundur dari UNESCO, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji tindakan AS sambil mencela UNESCO sebagai “teater menggelikan” yang “memutarbalikkan sejarah”.

Israel sendiri selama beberapa tahun terakhir memang diketahui memiliki hubungan yang kurang baik dengan UNESCO. Tahun 2011, Israel membekukan iuran tahunannya di UNESCO setelah organisasi tersebut menerima Palestina menjadi anggota penuhnya. Bulan Juli lalu, UNESCO menyatakan Kota Tua Hebron dan Gua Patriarkh sebagai cagar budaya Palestina yang terancam. ( HN - LukyP)