Irigasi Untuk 1.200 Hektar Sawah  

Irigasi Untuk 1.200 Hektar Sawah   

BULA,hunimuanews.com-Pemerintah telah menyediakan jaringan irigasi untuk melayani 1.200 hektar Sawah di kabupaten Seram Bagian Timur dari luas baku cetak sawah 2.240 hektar di daerah ini.

 

Berdasarkan data, hasil produksi padi giling dari 1.200 hektar Sawah yang telah dilayani dengan jaringan irigasi tersebut mencapai 4.5 ton per hektar.

 

Wakil bupati kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2016 sebanyak 108.406 jiwa. Itu artinya kebutuhan beras setiap tahun di Kabupaten Seram Bagian Timur sebanyak 8.673 ton.

 

“Total produksi yang dihasilkan dari panen tahun ini baru mencapai 7.020 ton atau sekitar 80 persen dari kebutuhan beras pertahun,”ungkapnya, beberapa waktu lalu.

 

Alkatiri mengatakan, dari hasil evaluasi itu, strategi kebijakan pembangunan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019, salah satunya adalah mencapai target swasembada beras, sehingga sangat diharapkan dalam tahun ini dapat dimaksimalkan berfungsinya bendungan dan saluran irigasi.

 

“Agar dapat mengairi sekitar 1000 hektar sawah yang tersisa dan belum berproduksi secara maksimal,”ujarnya.

 

Mantan anggota DPRD provinsi Maluku ini mengatakan, target dari pelaksanaan kebijakan itu akan memicu tumbuhnya produksi padi kering giling dan dapat mencapai swasembada beras.

 

“Lebih dari itu, diharapkan kabupaten Seram Bagian Timur, bahkan bisa mencapai surplus lebih dari 2.000 ton beras per tahun,”ujarnya. (SR)