Investigasi Komisi B DPRD SBT Terhadap Ilegal Loging Di Desa Osong

Investigasi Komisi B DPRD SBT Terhadap Ilegal Loging Di Desa Osong
hunimuanews - Komisi B DPRD SBT dibawah pimpinan Noaf Rumau dan anggota Indra Aldiansyah, Alimuddin Kolatlena dan Nurhastom, turun ke Desa Osong untuk menginvestigasi kebenaran laporan masyarakat mengenai dugaan Illegal logging yang dilakukan  PT. Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise.
 
 
Ketua Komisi B, Noaf Rumau memimpin langsung pertemuan tersebut dengan pihak perusahaan dan di hadiri warga setempat di Negeri (Desa) Osong, Jumat (17/11/2017). 
 
 
Dalam pertemuan tersebut terungkap, 
 
PT Nusa Ina Agro Tanah Merah Manise mengantongi izin usaha perkebunan kelapa sawit dari Bupati SBT pada tahun 2014. Namun izin tersebut disalahgunakan dengan melakukan penebangan kayu secara liar hingga meresahkan masyarakat.
 
 
Pada tahun 2017, Gubernur Maluku mengeluarkan izin baru kepada PT Nusa Ina melalui Dinas Kehutanan Provinsi untuk pemanfaatan kayu tahap dua di tiga desa, yakni Batuasa, Osong dan Gusalau. Namun saat dilakukan pencocokan peta lokasi izin usaha  dengan fakta di lapangan terbukti pihak perusahaan melakukan penebangan illegal di luar peta lokasi izin usaha.
 
 
Terkait dengan temuan itu, Komisi B DPRD SBT dengan tegas langsung melarang pihak perusahaan melakukan aktivitas penebangan pohon sebelum membuka lahan perkebunan kelapa sawit. 
 
Komisi B berkomitmen  menindaklanjuti temuan itu dengan menekan Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Kehutanan terkait surat izin usaha.