Institut Teknologi Ambon Dirintis Presiden Soekarno Pada 1956

Institut Teknologi Ambon Dirintis Presiden Soekarno Pada 1956
Ambon, Hunimuanews.com - Sesuai Studi kelayakan yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak setahun lalu pada empat kawasan yang ditentukan Pemprov Maluku yakni, Desa Suli, Taeno, Nania dan Wayame, Desa Suli dipilih sebagai lokasi rencana pembangunan Institut Teknologi Ambon(ITA).

master plannya diharapkan akan selesai pada akhir Oktober 2017 ini, dan akan dilanjutkan dengan Detail Engineering Design (DED),oleh dinas Pekerjaan Umum(PU) provinsi Maluku pada tahun depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, Antonius Sihaloho mengatakan berdasarkan hasil studi kelayakan, ternyata Suli dipastikan tepat untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan Intitut Teknologi Ambon (ITA).

Detail Engineering Design, akan dilakukan bertahap yang direncanakan dimulai dengan merancang pembangunan ruang rektor,aula dan gedung administrasi, hingga gedung perkuliahan. Ungkap Sihaloho 

Direncanakan pada tahun depan akan dilakukan pembebasan lahan untuk tahap satu sebanyak 30 hektar , dan akan dilanjutkan hingga memenuhi kebutahan yang diperlukan sebanyak 100 hektar. Tegasnya

Sihaloho Menuturkan untuk rencana pembanguan fisiknyamengatkan masih dibutuhkan kurang lebih waktu tiga tahun kedepan.
 
Sebelumnya juga Gubernur Maluku Said Assagaff menyatakan dirinya telah meminta dukungan Megawati Soekarnoputri, karena pendirian ITA , merupakan gagasan Presiden Soekarno pada 1956.
 
Seperti diketahui, rencana mendirikan Institut Teknologi Ambon yang dirintis Presiden Soekarno pada 1956 melalui kerjasama dengan pemerintah Rusia.  ( HN-dms)