Inovasi Desa, Upaya Mewujudkan Nawacita

Inovasi Desa, Upaya Mewujudkan Nawacita

BULA, hunimuanews.com-Bursa Inovasi Desa Kabupaten Seram Bagian Timur resmi digelar pada, Selasa (30/10). Inovasi desa merupakan suatu paya mewujudkan agenda Nawacita dalam pembangunan.

 

Pembukaan bursa inovasi desa yang digelar di gedung Serbaguna dinas Kesehatan kabupaten SBT itu, dihadiri oleh pimpinan OPD, pimpinan Polri, dan para peserta dari 15 kecamatan.

 

Diketahui, program Inovasi desa merupakan suatu upaya pemerintah dalam mewujudkan agenda nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan nomor kode desa dan daerah dalam bingkai  Negara kesatuan republik Indonesia.

 

Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sidik Rumalowak mengatakan, program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, terutama dalam mengembangkan rencana dan pelaksanan pembangunan desa  secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi, termasuk mempersiapkan   pembangunan sumber daya yang dimiliki oleh desa itu sendiri.

 

"Dua agenda utama dalam pelaksanaan program inovasi desa adalah  pengelolaan pengetahuan dan inovasi Desa PID serta Penyediaan Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD), yang sebenarnya telah dimulai dari tahun 2017 lalu  dan ditingkatkan pelaksanaan dalam tahun ini" Jelasnya

 

Keliobas mengingatkan para delegasi desa, kepala desa, ketua BPD dan tokoh masyarakat, disinilah kesempatan yang strategis untuk tidak hanya mengetahui cerita sukses, keberhasilan pembagunan dan pemberdayaan masyarakat desa dari daerah lain, tetapi juga cara untuk mendalami resep sukses,

 

“Amati, tiru dan modifikasi serta praktekan cara cerdas pembangunan desa tersebut yang sudah difalidasi oleh kementerian desa untuk kepentingan pembangunan desa masing-masing,”ujarnya.(SR)